Kuatkan UMKM, Setda Dewa Made Indra Apresiasi Penyaluran KUR

DENPASAR - Penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR sangat membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Pendanaan dari KUR akan membantu para pelaku UMKM bertahan di tengah guncangan ekonomi akibat dampak Covid-19.

Demikian dinyatakan Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam Sosialisasi Penyaluran KUR yang digelar Kementerian Koodinator Perekonomian RI di The Westin Resort Nusa Dua, Sabtu (28/11/2020). Menurutnya, UMKM adalah salah satu sektor yang mempunyai daya tahan dan terbukti mampu bertahan dalam situasi krisis.

“Sebelumnya kita telah melewati beberapa gelombang krisis, mulai dari dampak teror, bencana alam erupsi Gunung Agung. Sekarang yang paling dahsyat yaitu pandemi Covid-19,” katanya.

Ia menyebut, dari sekian banyak gelombang krisis yang telah dilewati, UMKM telah membuktikan diri sebagai salah satu sektor yang paling mampu bertahan. Ia menyebut, ketika sektor lain kolaps, UMKM justru masih mampu bertahan dan berdenyut.

Terhadap hal tersebut, pihaknya pun mengapresiasi arah kebijakan pemerintah pusat yang telah menyalurkan KUR bagi UMKM sebagai langkah yang sangat tepat. Ke depan, pihaknya pun berharap agar lembaga perbankan yang ditugaskan untuk menyalurkan KUR dapat memperluas penyaluran kredit, sehingga makin banyak UMKM yang terjading.

“Dari perbincangan dengan perwakilan perbankan yang hadir, saya memperoleh informasi bahwa penyaluran KUR telah mencapai 80 persen. Itu menandakan penyerapan dana ini cukup baik dan itu artinya sektor UMKM masih menggeliat di tengah pandemi,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir, dalam arahannya menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi tersebut tiada lain untuk mengoptimalkan penyaluran KUR bagi UMKM, khususnya di wilayah Provinsi Bali. Senada dengan Dewa Indra, ia turut menyebut UMKM sebagai sektor yang punya daya tahan paling kuat. Oleh sebab itu, ia sepakat agar pemerintah memberi perhatian leih serius terhadap sektor ini.

Bagikan
Bambang Susilo

Bambang Susilo

Lihat semua artikel

Related Stories