Home Baliview Konjen Jepang Apresi...

Konjen Jepang Apresiasi Penanganan Covid-19 di Bali

Redaksi - Selasa, 12 Januari 2021 pukul 20.34
Audiensi Konjen Jepang di Denpasar Ms. Katsumata Harumi dengan Gubernur Bali, Wayan Koster, Selasa (12/1/2021) Audiensi Konjen Jepang di Denpasar Ms. Katsumata Harumi dengan Gubernur Bali, Wayan Koster, Selasa (12/1/2021) (sumber: Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id – Konsulat Jenderal atau Konjen Jepang di Denpasar, Ms. Katsumata Harumi, mengapresiasi penanganan Covid-19 di Provinsi Bali. Menurut Duta Besar Jepang untuk Vanuatu itu menilai penanganan Covid-19 di Bali sangat baik.

“Inisiatif yang dilaksankan Bapak Gubernur (Bali) sangat membantu mencegah penyebaran Covid-19 secara masif,” terangnya kala melakukan audiensi dengan Gubernur Bali, Wayan Koster di Rumah Jabatan Gubernur Jaya Sabha, Denpasar, elasa (12/1/2021).

Sebagai wakil Pemerintah Jepang di Bali, Harumi memastikan bahwa warga negara Jepang yang tinggal di Bali akan melakoni secara tertib segala instruksi pemerintah. Ia pun sepakat bahwa di masa krisis seperti saat ini, kesehatan dan keselamatan warga adalah prioritas utama.

Lebih jauh, ia juga menyatakan bahwa Bali akan tetap menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga Jepang untuk berlibur. “Bali kaya dengan budaya dan seni, alamnya juga sangat indah. Banyak sekali warga Jepang yang sangat cinta dengan Bali, dan saya akan lakukan hal terbaik untuk membantu memulihkan Bali nantinya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Bali, Wayan Koster mengharapkan agar hubungan kerjasama antara Jepang dan Indonesia, khususnya dengan Bali dapat semakin baik pada masa-masa mendatang. Menurutnya, selama ini kerjasama kedua negara, khususnya di bidang pariwisata, ekonomi, dan pendidikan sudah berjalan dengan baik.

"Saya harapkan ke depan bisa ditingkatkan lagi, karena secara budaya Jepang dan Bali ada kemiripan, dan masyarakat Jepang pun sangat menghargai budaya yang ada di Bali,” ucapnya.

Salah satu sektor yang dilirik untuk dapat digarap bersama adalah persoalan penyediaan energi bersih berkelanjutan dan transportasi ramah lingkungan. “Bali kini sangat berkepentingan dengan pengembangan energi bersih yang berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Jepang kita ketahui sangat maju di bidang tersebut,” terangnya.

Terkait dengan upayanya meredam sebaran Covid-19, Koster mengatakan bahwa hasil tersebut tidak terlepas dari upaya berbagai pihak, termasuk masyarakat Bali yang sangat tertib mengikuti setiap anjuran pemerintah.

“Kami juga terapkan nilai-nilai kearifan lokal, melibatkan desa adat dalam bagian pengendalian dan penangan Covid-19. Hal ini bahkan mendapat pujian dari presiden karena hasilnya cukup baik,” katanya. (jro)