Kinerja Penjualan Eceran di Bali Terus Membaik

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho (Balinesia)

Denpasar, Balinesia.id  - Bank Indonesia mencartan kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali terus membaik seperti pada Oktober 2022 diprakirakan pada kondisi membaik  dibandingkan periode sebelumnya.

Berdasar Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali yang tercatat  sebesar 95,9 atau secara bulanan tumbuh 0,54% (mtm) dibandingkan dengan periode September  2022 yang tercatat sebesar 95,3.

Kemudian, pertumbuhan IPR bulan Oktober 2022 tersebut juga lebih tinggi  dibandingkan periode bulan sebelumnya yang mengalami pertumbuhan sebesar 0,32% (mtm).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho mengungkapkan, 
membaiknya kinerja penjualan eceran di Bali sejalan semakin tingginya aktivitas  pariwisata di Bali serta kondisi ekonomi Bali yang terus mengalami pemulihan.

Peningkatan kinerja  penjualan eceran di Bali juga searah dengan kinerja penjualan eceran nasional yang tumbuh positif  sebesar 3,10% (mtm).

“Atau lebih baik dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya yang  mengalami kontraksi sebesar -1,82% (mtm),” ungkap Trisno Nugroho dari keterangan tertulisnya Sabtu (12/11/2022).

Trisno Nugroho menyampaikan bahwa prakiraan kinerja  penjualan ritel di provinsi Bali bulan Oktober 2022 meningkat sebesar 0,54% (mtm).

Kenaikan tersebut bersumber dari penjualan kelompok barang Peralatan Informasi dan Komunikasi sebesar 
6,6% (mtm) dan SubKelompok Sandang sebesar 2,5% (mtm),

Sedangkan kelompok Barang Budaya 
dan Rekreasi serta Suku Cadang dan Aksesoris mengalami kontraksi masing-masing sebesar -2,0% 
(mtm) dan -1,5% (mtm).

Ekspektasi penjualan eceran ke depan di  Provinsi Bali diperkirakan akan tetap terjaga seiring dengan upaya pengendalian inflasi  di masing-masing daerah.

Kinerja positif penjualan eceran di Bali pada Oktober 2022 tersebut searah dengan kondisi  nasional yang mengalami pertumbuhan pada Indeks Penjualan Riil (IPR) nasional sebesar 3,10%  (mtm).

Peningkatan IPR nasional pada bulan Oktober 2022 bersumber dari meningkatnya kinerja  seluruh kelompok penjualan eceran terutama pada kelompok Barang Minuman, Makanan dan  Tembakau,SubKelompok Sandang.

Juga  kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi yang masingmasing mengalami pertumbuhan sebesar 3,5% (mtm), 3,0% (mtm) dan 2,2% (mtm). ***

 

Editor: Rohmat

Related Stories