Keuntungan Beli dengan Cicilan VS Tunai, Pilih Mana?

Keuntungan Beli dengan Cicilan VS Tunai, Pilih Mana? (Pexels.com/Rann Vijay)

JAKARTA - Ketika berbelanja, sekarang Anda sudah bisa memilih berbagai cara pembayaran, baik itu dengan cara mencicil atau membeli dengan uang tunai. Baik itu pembelian cicilan atau tunai tetap memiliki pro dan kontra yang perlu Anda pertimbangkan.

Berikut penjelasan mengenai keuntungan dari pembelian cicilan dibandingkan dengan pembelian secara tunai.

Keuntungan dari Membeli dengan Cicilan

Pembelian dengan mencicil atau mengangsur mengacu pada proses pembelian suatu barang dari waktu ke waktu. Seperti yang dilansir dari Go Card Less, ketika Anda menyetujui rencana pembelian secara angsuran, Anda akan memperoleh barang tersebut pada hari yang sama dan kemudian Anda harus membayar sejumlah uang cicilan dalam serangkaian angsuran berkala.

Pembelian dengan mencicil mirip dengan pembelian kredit, karena masing-masing metode menyebarkan biaya pembelian dari waktu ke waktu. Meski begitu tetap ada perbedaan antara pembelian dengan kartu kredit dan dengan cicilan.

Ketika Anda setuju melakukan pembayaran cicilan, maka Anda harus membayar sampai pembelian dilunasi, biasanya dengan jumlah dan tanggal yang telah ditentukan. Sedangkan pembelian yang dilakukan dengan kartu kredit lebih fleksibel, asalkan Anda memenuhi minimum bulanan Anda.

Ada beberapa keuntungan dari membeli dengan cicilan, seperti berikut.

  1. Pembayaran cicilan atau angsuran dapat dilakukan secara otomatis untuk mengikuti perjanjian pembelian.
  2. Pembayaran cicilan kecil lebih mudah dikelola untuk usaha kecil dibandingkan dengan membayar dengan jumlah yang besar.
  3. Dapat digunakan untuk membayar pembelian dalam jumlah yang besar karena membantu melindungi arus kas bisnis Anda.

Keuntungan Membeli Secara Tunai

Pembelian tunai merupakan pilihan yang lebih sederhana dari pilihan-pilihan pembayaran yang ada. Anda membayar barang atau jasa secara langsung, baik pada saat penjualan atau ketika produk dikirim kepada Anda.

Selain itu, ketika Anda membeli secara tunai, Anda tidak harus melakukan pemeriksaan kredit, kontrak, atau memenuhi syarat dan ketentuan apapun. 

Ada beberapa keuntungan dari pembelian tunai. Bagi penjual, keuntungannya jelas yaitu peningkatan langsung pada arus kas. Penjual akan menerima pembayaran segera untuk barang yang dikirim dan jasa yang diberikan.

Selain itu, bagi pembeli, ada beberapa keuntungan dari membeli secara tunai yaitu:

  1. Tidak disertai dengan bunga atau biaya tersembunyi.
  2. Beberapa perusahaan akan menawarkan diskon untuk pembayaran tunai.
  3. Pembayaran tunai adalah kesepakatan yang lebih baik ketika membeli aset yang nilainya dapat terdepresiasi seiring berjalannya waktu.

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan keuntungan membeli secara tunai dan membeli dengan mencicil atau mengangsur. Perlu diketahui bahwa ada kelebihan dan kekurangan dari kedua pembaran tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menyadari apakah masing-masing metode pembayaran sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan Anda atau tidak.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories