Kembali Normal, Ini Penyebab Gangguan Layanan IndiHome dan Telkomsel

Gedung kantor Telkom di kawasan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Jakarta, Balinesia.id -  Layanan IndiHome dan Telkomsel sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam - Pontianak Minggu, 19 September 2021.

 PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan seluruh layanan TelkomGroup baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel sudah kembali normal.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, 

“Hingga Jumat, 24 September 2021, kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam,”  tutur Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono dalam keterangannya dikutip dari Trenasia.com, jejaring Balinesia.id.

Hal ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. 

"Dengan demikian, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100 persen kembali normal,” sambung Pujo.

Terkait perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Selain itu, Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel. Diperkirakan untuk perbaikan kabel laut ini akan selesai pada minggu kedua Oktober bahkan bisa lebih cepat.

Bersamaan itu, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan back-up link, sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala dan dinikmati pelanggan tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan yang setia menggunakan layanan TelkomGroup.

“Berbagai upaya ini dilakukan guna memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan beragam layanan TelkomGroup. Semoga pelanggan dapat kembali beraktivitas secara digital dengan nyaman," imbuhnya. (roh)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Laila Ramdhini pada 25 Sep 2021 

Bagikan

Related Stories