Kehadiran IPBI Berperan Kembangkan Profesionalisme Perangkai Bunga

Kehadiran organisasi profesi seperti IPBI sangat berperan penting dalam rangka mengembangkan profesionalisme dari perangkai bunga melalui berbagai kegiatan yang digagas dan tentunya berbagai pengalaman terkait dengan perkembangkan dunia florist di Indonesia dan international.

Denpasar, Balinesia.id - Kehadiran organisasi profesi seperti Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) sangat berperan penting dalam rangka mengembangkan profesionalisme dari perangkai bunga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara  menyampaikan itu saat Pelantikan  DPD Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI)  Bali, DPC IPBI  Denpasar dan IPBI Badung dan dilanjutkan dengan Workshop merangkai bunga  di Swiss Bell Resort Sanur Denpasar Senin (24/5/2021).

"IPBI merupakan organisasi profesi yang menaungi penikmat, pencinta dan juga berprofesi sebagai perangkai bunga di seluruh Indonesia," tuturnya.

Kehadiran organisasi profesi seperti IPBI sangat berperan penting dalam rangka mengembangkan profesionalisme dari perangkai bunga melalui berbagai kegiatan yang digagas dan tentunya berbagai pengalaman terkait dengan  perkembangkan dunia florist di Indonesia dan international.

"Untuk itu saya sangat mendukung adanya organisasi ini karena kehadiran lintas generasi juga dapat menjadi jembatan dalam transfer pengetahuan juga dapat menjadi jembatan dalam transfer ilmu florist saat ini ," ungkap Antari.

Kabid Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar Ni Made Sugiantini menambahkan dalam rangka mengembangkan profesi berkaitan dengan keterampilan merangkai bunga maka perlu wadah yang mampu menjadi media untuk berkomunikasi dan update informasi dalam rangka mengikuti trend yang ada.

Perkembangan dunia floara tentu menarik dan menjadi penting di Bali. Rangkaian bunga dengan mengangkat produk bunga lokal tentu menjadi menarik digali, sehingga dapat mengglobal dan dikenal.

"Ini perlu menjadi pemikiran kita bersama sehingga ada kearifan lokal yabg dapat kita tonjolkan," ungkapnya.

Ketua Panitia Luh Sudarmini mengatakan, kegiatan workshop dan  pelantikan ini dilaksanakan secara offline maupun online. 
Sebelum pelantikan ini berlangsung  pada tanggal 21 April 2021 pihaknya telah melaksanakan  musyawarah daerah IPBI Bali  secara online dan offline di Restoran Anjani Sanur.

Pada Musda tersebut dilaksanakan pelaporan pengurus masa bakti 2017-2020, dilanjutkan dengan pemilihan Ketua DPD IPBI Bali, masa bakti 2021-2025.  Adapun Ketua terpilih secara aklamasi adalah Ida Ayu Sri Puspa Adi. (roh)
 


Related Stories