Kapolri Pastikan Beri Kekuatan Terbaik Bantu Pencarian KRI Nanggala-402 di Laut Bali

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan resminya di Badung, Bali, Sabtu (24/4/2021).

BADUNG, Balinesia.id - Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di Laut Bali.

Saat ini, Polri telah menurunkan beberapa peralatan dan kapal guna mendukung upaya pencarian kapal selam tersebut pada Rabu 21 April 2021..

"Seluruh kegiatan memberikan yang terbaik yang bisa kami lakukan. Kami telah menurunkan 4 kapal guna mensupport pencarian kegiatan kemanusiaan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan resminya di Badung, Bali, Sabtu (24/4/2021).

Jenderal Sigit menyampaikan, akan terus mendampingi pencarian kapal selam milik TNI AL itu. Ia pun menyampaikan keprihatinan insiden hilangnya KRI Nanggala.

"Kami keluarga besar Polri mengucapkan keprihatinan yang sangat mendalam terkait insiden ini," katanya.

Disebutkan mantan Kabareskrim ini, ada kapal milik polairud yang diturunkan yakni KP Gelatik-5016, KP Enggang-4016, KP Barata-8004 dan KP Balam-4017. Keempat kapal itu dilengkapi dengan robot pencarian yakni ROV atau drone bawah laut.

Pihaknya selalu berusaha untuk terus melakukan apa yang bisa kami lakukan, dengan segala upaya yang ada kami akan menurunkan 4 unit kapal, kapal gelatik, barata, balam, dan enggang, yang tentunya kami turunkan untuk membantu dalam rangka pencarian.

Selain menurunkan kapal, drone dan peralatan pendukung pencarian KRI Nanggala, Sigit menuturkan pihaknya juga siap menyiapkan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) jika nantinya diperlukan.

Seperti diketahui, kapal selam Nanggala 402 pembawa 53 awak kapal sejak hilang kontak hingga kini belum juga ditemukan. (roh) 


Related Stories