Jelang Natal Tahun Baru Moeldoko Peringatkan Pengusaha Jangan Permainkan Harga dan Stok

Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko cek harga komoditi pangan di pasar Los 3000, di Batam, Kepri, Selasa (22/11). (KSP)

Batam,Balinesia.id - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko memperingatkan semua pihak seperti pengusaha untuk tidak mempermainkan harga dan stok komoditi pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Mantan Pangdam IV/Diponegoro itu wanti-wanti semua pihak untuk tidak mempermainkan harga dan stok komoditi pangan terutama menjelang Natal dan Tahun Baru.

Pihaknya meminta satgas pangan bekerja keras untuk mengontrol persediaan dan harga di pasaran agar tidak menimbulkan masalah.

"Untuk pengusaha saya juga himbau agar tidak memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru untuk menaikkan harga seenaknya," tegas Moeldoko, saat berkunjung ke pasar tradisional Los 3000, di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (22/11/2022).

"Jangan coba-coba permainkan harga dan stok. Pemerintah akan turun tangan," katanya.

Kedatangannya ke pasar-pasar, seperti ke pasar Los 3000 untuk memastikan apakah harga komoditi pangan stabil dan terjangkau oleh masyarakat.

Berdasar pengamatan di lapangan, Moeldoko mendapati, harga-harga komoditi pangan masih wajar dan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sebut saja,  harga beras yang masih berada di angka Rp 10.000 per kilogram, dan harga cabai Rp. 60.000 per kilogram.

"Harga cabe yang mempengaruhi inflasi saya lihat cukup bagus. Bagus bagi petani dan pembeli," sambungnya.

Pesan lainnya disampaikan ke Panglima TNI 2013-2015 kepada petani untuk memanfaatkan kondisi cuaca saat ini untuk mengoptimalkan produksi pertanian. 
 

Dengan demikian, saat musim kemarau dan kekeringan, stok komoditi pangan tetap kuat dan terjaga.

Untu itu, semua pihak harus optimumkan momentum cuaca saat ini yang sangat bagus untuk memproduksi lahan pertanian.

Harapannnya, supaya stok pangan kita kuat dan tidak terganggu saat kemarau tiba. ***
 

Tags moeldokoBagikan

Related Stories