Investasi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Capai Rp56 Triliun, Hubungkan Gedebage-Cilacap

Ilustrasi. Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Gedebage - Cilacap (Getaci) Mulai Dibangun Tahun Depan/ Foto: TrenAsia.com (trenasia.com)

Jakarta, Balinesia.id -  PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) bakal menggarap mega proyek jalan tol terpanjang di Indonesia menghubungkan Gedebage, Bandung, Jawa Barat hingga Cilacap Jawa Tengah dengan nilai investasi mencapai Rp56 Triliun.

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) Johannes Mancelly mengatakan, pembangunan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) ditargetkan mulai dilakukan kuartal II-2023.

Saat ini, sedang memasuki tahap investarisasi lahan proyek jalan tol tersebut.

Jalan tol dengan ruas terpanjang di Indonesia ini akan melintasi dua provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan nilai investasi mencapai Rp56 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Johannes Mancelly mengungkapkan, saat ini progres identifikasi dan pematokan lokasi Jalan Tol Gedebage - Cilacap seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara untuk wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Garut telah dirampungkan.

Tindak selanjutnya, progres kebutuhan lahan di Kota Bandung dan Kabupaten Garut sudah masuk tahap proses inventarisasi.

"Sedangkan untuk Kabupaten Bandung masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim tanah," kata Johannes dalam keterangan resmi, Selasa, 21 Juni 2022.

Pihaknya berharap proses pengadaan lahan seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara bisa berjalan sesuai target sehingga pengerjaan konstruksi seksi 1 dapat mulai dilaksanakan pada 2023.

PT JGC sebagai pengelola Jalan Tol Getaci ini juga berkomitmen untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Getaci.

Total panjang jalan tol ini ialah 206,65 kilometer (km) terdiri dari 4 seksi yakni seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara sepanjang 45,20 km, seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya sepanjang 50,32 km, seksi 3 Tasikmalaya - Patimuan 76,78 km, dan seksi 4 Patimuan - Cilacap. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 22 Jun 2022 


Related Stories