Inilah 5 Timnas Termahal di Euro 2024, Nilainya Tembus Puluhan Triliunan Rupiah

5 Timnas Termahal di Euro 2024, Nilainya Tembus Puluhan Triliunan Rupiah (Dok/UEFA)

JAKARTA – Turnamen sepak bola tertinggi antar-negara di Benua Eropa atau yang disebut sebagai Euro 2024 akan dimulai dalam waktu kurang dari dua pekan. Partai pembuka ajang ini mempertemukan tuan rumah Jerman dengan Skotlandia pada Sabtu, 15 Juni 2024, pukul 02:00 WIB.

Euro 2024 diikuti 24 tim nasional (timnas) yang terbagi ke dalam 6 grup. Dari keenam grup tersebut, grup B disebut-sebut sebagai grup neraka. Hal ini dikarenakan berisi juara bertahan Italia, juara Euro 3 kali Spanyol, finalis Piala Dunia 2018, Kroasia dan kuda hitam, Albania. 

Selain itu, mata publik bola juga tertuju dengan bintang-bintang Inggris dan Prancis yang mayoritas adalah kumpulan pemain termahal di Euro 2024. Oleh sebab itu,  Anda perlu mengetahui 5 timnas termahal di ajang ini berdasarkan data dari Transfermarkt.com.

5 Timnas Termahal di Euro 2024

Inggris

Euro 2024 merupakan ajang ke-12 bagi timnas Inggris sepanjang sejarah turnamen ini. Transfermarkt.com menempatkan skuad asuhan Gareth Southgate sebagai timnas dengan nilai pasar tertinggi, mencapai 1,74 miliar euro atau setara Rp30 triliun (dengan kurs Rp17.647 per euro).

Meski dihuni pemain bintang, Inggris hingga kini masih belum pernah menjadi juara Euro. Prestasi terbaik tim berjuluk The Three Lions ini adalah tampil di babak final, dan terakhir kali mereka harus takluk melawan Italia melalui adu penalti di Euro 2020.

Jude Bellingham, yang tampil gemilang bersama Real Madrid dengan mencetak 23 gol pada musim ini, menjadi pemain Inggris dengan nilai pasar tertinggi yakni 180 juta Euro atau Rp3,17 triliun. Di posisi kedua ada Phil Foden dengan market value 150 juta Euro atau Rp2,6 triliun. 

Selain Bellingham dan Foden, The Three Lions juga diperkuat Harry Kane, Cole Palmer, dan Bukayo Saka, yang masing-masing mencetak lebih dari 20 gol dan assist di klubnya pada musim ini. Oleh sebab itu, skuad asuhan Gareth Southgate dijagokan menjadi favorit pada Euro 2024.

Prancis 

Timnas Prancis menduduki peringkat kedua timnas termahal di Euro 2024 dengan nilai pasar mencapai 1,23 miliar Euro atau Rp21 triliun. Euro 2024 adalah ajang ke-12 tim berjuk les blues sepanjang sejarah turnamen ini. 

Meskipun keikutsertaannya mirip Inggris, Prancis pernah menjadi juara Euro sebanyak dua kali, yakni pada edisi 1984 dan 2000. Di ajang ini, pelatih Prancis, Didier Deschamps kembali membawa Ngolo Kante yang absen pada Piala Dunia 2022 lalu. Keputusan ini pun disambut baik oleh fans Les Blues. 

Mengenai pemain termahal timnas Prancis posisi pertama diduduki oleh Mbapee yang nilai pasarnya mencapai 180 juta Euro atau Rp3,17 triliun. Menariknya, Real Madrid sukses mendatangkan Mbappe tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun lantaran sang pemain telah habis kontrak dengan Paris Saint Germain. 

Sementara itu, Kante yang kini bermain di Al-Ittihad, klub asal Arab Saudi, memiliki nilai pasar 10 juta Euro atau Rp176 miliar. Dengan perpaduan antara pemain muda dan senior, Prancis juga difavoritkan jadi penantang gelar utama ajang ini.

Portugal 

Bukan Cristiano Ronaldo, pemain dengan nilai pasar tertinggi di timnas Portugal adalah Rafael Leao. Data dari Transfermarkt mengungkapkan bintang AC Milan ini memiliki nilai pasar sebesar 90 juta Euro atau setara Rp1,5 triliun.

Di posisi kedua ditempati oleh bek tengah Manchester City, Ruben Diaz dengan market value senilai 80 juta Euro atau Rp1,4 trilun. Sementara Ronaldo, yang kini berusia 39 tahun hanya memiliki nilai pasar 15 juta Euro atau Rp264 triliun. 

Portugal yang kini dilatih Roberto Martinez, menjadi timnas termahal ketiga di Euro 2024 dengan market value 1 miliar Euro atau Rp17 triliun. Euro 2024 merupakan turnamen ke-10 mereka sepanjang ajang ini, sekaligus menjadi Euro terakhir bagi Ronaldo. 

Portugal telah memenangkan Euro sebanyak satu kali yakni pada edisi 2016. Pada edisi 2024, Portugal kembali difavoritkan lantaran memiliki gaya bermain yang atraktif dari kaki ke kaki. Bintang-bintang Premier League seperti Bernardo Silva, Bruno Fernandez, dan Diogo Jota diprediksi akan menjadi andalan tim ini. 

Spanyol

Timnas Spanyol adalah negara tersukses sepanjang turnamen ini dengan raihan gelar sebanyak tiga kali, yakni pada edisi 1964, 2008, dan 2012. Euro 2024 merupakan turmanen ke-13 sepanjang sejarah negara ini. 

Transfermarkt.com mengungkapkan bahwa market value Spanyol serupa dengan Portugal, yakni mencapai 1 miliar Euro atau setara Rp17 triliun. Euro 2024 merupakan debut perdana bagi Luis de la Fuente menukangi Spanyol.  Gelandang Manchester City, Rodrigo berhasil menduduki posisi pertama pemain Spanyol dengan market value mencapai 120 juta euro atau Rp2,1 triliun. 

Berstatus negara tersukses dan masuk lima besar negara dengan skuat termahal, bukan berarti Spanyol diunggulkan di Euro 2024. Pasalnya, mayoritas pemain yang dipanggil, levelnya sedang-sedang saja. Parameter ini dapat dilihat dari minimnya bintang-bintang Real Madrid dan Barcelona yang memperkuat tim Matador.  

Jerman

Tuan rumah Jerman hanya menempati posisi kelima tim termahal di Euro 2024. Anak asuh Julian Nagelsman ini memiliki market value 898 juta Euro atau Rp15,8 triliun. Selain itu, Jerman juga berstatus sebagai negara tersukses di ajang ini dengan raihan tiga gelar juara, yakni edisi 1972, 1980, dan 1996. 

Euro 2024 akan menjadi ajang ke-15 bagi Jerman sepanjang sejarah dan yang terbanyak pada kompetisi tersebut. Meskipun sebagai tuan rumah, Jerman tidak terlalu difavoritkan pada edisi kali ini. Pasalnya, di beberapa turnamen antarnegara terakhir, Der Panzer tampil angin-anginan.  

Florian Wirtz dan Jamal Musiala adalah pemain Jerman dengan market value tertinggi, yang nilainya masing-masing di level130 dan 120 juta Euro. Dapat dikatakan, Euro 2024 merupakan turnamen antarnegara terakhir bagi Toni Kross, Thomas Muller dan Manuel Neur. Jadi, patut kita tunggu sepak terjang Jerman yang tampil di negara sendiri.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 03 Jun 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories