IDCloudHost dan BDDC Tingkatkan Layanan Cloud & Pusat Data dengan Lakukan Kemitraan Strategis

Erland Januar Karim (Head of Business Ecosystem BDDC - Kiri) dan Muhammad Mufid Luthfi (CMO IDCloudHost - Kanan) (null)

JAKARTA - IDCloudHost dan Bersama Digital Data Centres (BDDC) mengumumkan kemitraan strategisnya. Kerjasama strategis antara IDCloudHost (IDCH) dan BDDC berfokus pada penyediaan layanan bare-metal. Bare metal server adalah solusi komputasi awan yang menggabungkan performa konsisten dari dedicated server dengan infrastruktur cloud publik. 

Layanan ini memungkinkan pelanggan menyewa perangkat keras khusus tanpa virtualisasi atau sistem operasi terinstal. Selain itu, pelanggan dapat secara cepat menggunakan layanan karena aktifasi layanan kurang lebih 10 Menit. Keuntungan layanan bare metal server meliputi kinerja layanan yang konsisten, kendali penuh, skalabilitas, keamanan yang lebih baik, dan efisiensi biaya. Bare metal server adalah inovasi menarik yang membuka peluang baru dalam manajemen infrastruktur IT. Pelanggan saat ini sudah bisa menikmati layanan bare metal server yang disediakan IDCloudHost dan BDDC. 

Dengan memanfaatkan keahlian masing-masing dalam penyediaan cloud server dan manajemen pusat data, IDCloudHost dan BDDC membentuk ekosistem layanan bare metal server yang kokoh dan komprehensif yang sesuai dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan yang menjalankan critical mission.

"Kami sangat antusias memulai perjalanan inovasi dan keunggulan ini bersama BDDC. Kemitraan ini tak diragukan lagi akan memungkinkan kami untuk menyediakan layanan baremetal server kepada perusahan-perusahaan di tanah air. Kami percaya bahwa bersama-sama dengan BDDC, kinerja perusahaan dapat meningkat dengan layanan baremetal server,” ungkap Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost.

Sebelumnya, pelanggan harus membeli atau menyediakan server sendiri, menyewa rak, dan melakukan set-up di data center yang dipilih. Dengan kerjasama IDCloudHost dan BDDC, pelanggan dapat menikmati dukungan layanan data center BDDC tanpa harus membeli dan berinvestasi pada perangkat server, menyewa rak, instalasi dan setup sistem perangkat, atau infrastruktur keamanan mereka sendiri.

Melalui kolaborasi strategis ini, diharapkan para pelanggan akan mendapatkan layanan unggulan seperti peningkatan kecepatan dan performa. Integrasi infrastruktur pusat data BDDC akan memungkinkan layanan Baremetal dari IDCloudHost beroperasi dengan stabilitas yang lebih tinggi. 

Dalam kesepakatan tersebut, Erland Januar Karim, Head of Business Ecosystem BDDC menambahkan, "BDDC yakin kerjasama ini akan membawa dampak dan manfaat yang luar biasa bagi para pelanggan perusahaan untuk membantu mengatasi tantangan transformasi digital yang berkembang dengan sangat pesat. Adapun Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi serta keamanan operasional pelanggan serta komitmen dari kemitraan strategis untuk memberikan pelayanan terbaik bertaraf internasional."

Sinergi antara teknologi keamanan IDCloudHost dan fasilitas fisik pusat data BDDC akan menjamin tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi data pelanggan. Pelanggan akan memiliki fleksibilitas untuk dengan mudah menyesuaikan alokasi kapasitas layanan aplikasi mereka, mengikuti peningkatan kebutuhan pelanggan.

Mengutip Bloomberg dan sumber lainnya, industri layanan cloud dan pusat data di Indonesia terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan ini terkait erat dengan peningkatan adopsi teknologi digital di berbagai sektor industri di negara ini.

Layanan cloud dan data center di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dan memberikan peluang investasi yang besar. Pasar data center Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari USD2,06 miliar pada tahun 2023 menjadi USD3,98 miliar pada tahun 2028, dengan CAGR sebesar 14,09% selama periode perkiraan. Adapun volume pasar diperkirakan akan mencapai US$4 miliar pada tahun 2027, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 4,79% dari tahun 2023 hingga 2027. Pasar tersebut bernilai USD1,67 miliar pada tahun 2021 dan diprediksi akan tumbuh menjadi USD3,43 miliar pada tahun 2027, dengan CAGR sebesar 13,15% dari tahun 2022 hingga 2027.

Pertumbuhan industri cloud dan data center memberikan kontribusi bagi perekonomian secara keseluruhan dan juga pada penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Tentang PT Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost merupakan penyedia layanan Web Hosting dan Cloud Infrastructure terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan komputasi awan seperti Hosting dan Domain, Virtual Private Server (VPS), Cloud VPS, Dedicated Server, Bare metal Server, serta Kubernets. Layanan IDCloudHost menggunakan berbagai Data Center di Indonesia dan Singapore. 

Saat ini sudah ada lebih dari 300 000 pelanggan yang menggunakan layanan IDCloudHost sebagai solusi untuk hosting Website dan pengembangan aplikasi bagi para Startup, Bisnis Online, UMKM, Freelance, Perusahaan, dan lainnya. Adapun alamat website: https://idcloudhost.com

Tentang BDDC

Bersama Digital Data Centres (BDDC) merupakan data center yang dibangun di lokasi strategis di Jakarta yang menawarkan lingkungan yang aman, andal, dan memiliki skalabilitas untuk penyimpanan dan pemrosesan data. Dengan SLA 99.999% serta ekosistem yang handal, BDDC memungkinkan bisnis, individu, dan komunitas untuk berkembang di dunia digital yang terus berevolusi. Adapun alamat website: https://bd-dc.com/

Editor: Redaksi

Related Stories