Ibu Hamil Rentan Serangan Virus, Diminta Jaga Imunitas Tubuh

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Jumat 25 Juni 2021.

Jembrana, Balinesia.id - Para ibu hamil untuk menjaga imunitas tubuh karena saat hamil, perempuan cenderung mengalami penurunan imunitas tubuh, sehingga rentan terhadap serangan viirus.

“Dengan menjaga pola makan yang teratur sehat serta istirahat yang cukup, tentu akan memberi pengaruh besar bagi keamanan kandungan dan janin,”  Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Jumat 25 Juni 2021.

Dalam kunjungan kerja yang dipusatkan di Anjungan Cerdas Rambut Siwi tersebut, Ny Putri Koster tampak didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis PMD Dukcapil) Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Ketua TP PKK Jembrana Ny Candra Tamba. Kunjungan itu bertujuan untuk menyentuh dan mengetahui secara langsung kondisi masyarakat yang sesungguhnya.

Kegiatan ini sebagai dukungan dan sinergitas antara pemerintah dengan TP PKK dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Ia berharap didukung TP PKK tingkat kabupaten/kota, melalui kegiatan semacam ini akan dapat meringankan beban masyarakat terutama di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Putri Koster meminta PKK khususnya yang ada di desa-desa agar lebih sigap dalam memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga di masa pandemi ini masyarakat yang mengalami kesulitan dapat terbantu oleh PKK.

“Saya mengajak kader PKK kabupaten/kota untuk turun dengan sigap, siaga dan siap memberikan layanan optimal kepada masyarakat.

Dalam layanan kesehatan dan kebutuhan hidup terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, terkhusus mereka yang memiliki anak dengan gizi buruk dan ibu hamil yang kekurangan energi kronis (KEK).

Putri mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes), terlebih dengan masuknya varian baru Virus Corona.

“Tidak ada pemimpin yang ingin membuat celaka dan menderita masyarakatnya. Mari kita bersama dukung upaya pengentasan penyebaran virus Covid-19 di Bali.

Jangan sampai karena mengabaikan imbauan dan aturan pemerintah, kita menjadi korban dari virus yang saat ini menyerang seseorang yang abai akan protokol kesehatan,” katanya, mengingatkan.

Selanjutnya bagi warga Jembrana yang mengalami gangguan penglihatan, ia meminta agar segera melaporkan diri kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, sehingga dapat didaftarkan untuk segera memperoleh penanganan operasi katarak secara gratis di Rumah Sakit Mata Bali Mandara.

Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny Candra Tamba mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memerangi angka kurang gizi dan stunting, bahkan termasuk lansia terlantar.

Dalam menyerahkan bantuan bagi 10 orang balita gizi buruk/balita gizi kurang, 10 ibu hamil KEK, 10 lansia terlantar, 10 penyandang disabilitas dan 10 orang kader PKK kurang mampu.

Bantuan yang diberikan bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing antara lain, susu dan makanan tambahan untuk ibu hamil KEK dan balita gizi buruk dan gizi kurang. (roh)

 


Related Stories