Hilirisasi Industri, Presiden Jokowi Ingatkan Investor Wajib Gandeng Pengusaha Lokal

Presiden Joko Widodo menekankan dalam bidang hilirisasi industri investor wajib menggandeng pengusaha lokal. (Biro Pers Setpres)

Jakarta, Balinesia.id - Dalam hilirisasi industri di Indonesia Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewajibkan investor wajib untuk menggandeng pengusaha lokal.

Pemerintah terbuka bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Tanah Air dalam bidang hilirisasi industri.

Presiden Jokowi  mengingatkan, industri tersebut nantinya juga dapat menggandeng pengusaha lokal.

Indonesia, terbuka bagi investasi tetapi kalau masuk ke sebuah daerah harus bekerja sama dengan pengusaha lokal.

"Baik (investor) yang dari Jakarta maupun yang asing bekerja sama dengan pengusaha lokal, diajak mereka,”  tegasnya pada pembukaan Investor Daily Summit 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Selasa, (11/10/2022).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa hilirisasi menjadi salah satu kunci Indonesia untuk melompat maju ke depan.

Hal tersebut dikarenakan pajak, bea ekspor, royalti, hingga penerimaan negara bukan pajak (PNBP) akan masuk ke dalam negeri.

Dia menuturkan, setelah ke lapangan, kemudian menghitung berapa pendapatan negara yang dihasilkan dari Freeport. Sebelumnya, negara mendapat dividen 9 persen, karena memang saham dimiliki hanya 9 persen.

Kemudian, setelah diambil alih 51 persen, Indonesia mendapat pajak, dividen, royalti, bea ekspor, penerimaan negara bukan pajak.

"Saya suruh hitung berapa jumlahnya, 70 persen dari pendapatan yang ada di Freeport. Artinya, negara betul-betul dapat,” katanya ***

Tags hilirisasi industriBagikan

Related Stories