GoFood dan INKOWAPI Berkolaborasi dalam Strategi Pengelolaan Bisnis Berbasis Teknologi Digital

Gojek berkolaborasi dengan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) untuk mendukung pelaku UMKM meningkatkan bisnis

Jakarta, Balinesia.id -  Untuk mendukung pelaku UMKM perempuan dalam meningkatkan bisnis mereka Gojek berkolaborasi dengan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) dalam pembinaan strategi pengelolaan bisnis berbasis teknologi digital ini  . 

Keberadaan platform digital yang kian diandalkan pelaku UMKM untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan omset, sehingga pengusaha perempuan melihat teknologi digital turut membantu bisnis mereka lebih berdaya tahan dan bahkan tumbuh di tengah pandemi.

Ketua Umum Imkowapi Sharmila mengapresiasi keja sama antara pihaknya dengan Gojek karena yakin dengan rekam jejak GoFood yang telah dikenal sebagai mitra terbaik dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM kuliner di seluruh Indonesia.

Menurutnya, di masa pandemi, sudah menjadi keharusan bagi anggotanya untuk mengubah pola bisnisnya, agar bisa terus bertahan dan beradaptasi dengan kondisi terkini, salah satunya dengan memahami dan mengadaptasi teknologi digital. 

“Kami optimis kolaborasi ini bisa menggali potensi yang luar biasa dari para pengusaha perempuan di ekosistem kami untuk bisa semakin bertumbuh dengan dukungan dari ekosistem Gojek,” ucapnya dalam keteragan tertulis diterima Rabu (7/4/2021). 

Kerja sama pembinaan strategi pengelolaan bisnis berbasis teknologi digital ini melibatkan ratusan pelaku usaha dari seluruh Indonesia.

“Ratusan pelaku usaha perempuan yang kami latih ini tentunya menjadi awal yang sangat baik untuk dukungan kita bersama terhadap ekosistem UMKM di Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap lebih banyak lagi perempuan yang bisa kita fasilitasi dan tingkatkan kapasitasnya dalam berbisnis di era digital,” tuturnya. 

VP Merchant Marketing Gojek  Bayu Ramadhan, mengambahkankolaborasi ini merupakan bagian inisiatif #MelajuBersamaGojek yang mendukung pelaku UMKM Indonesia di berbagai skala usaha untuk mengembangkan bisnis mereka dengan solusi yang lengkap dan inklusif, mencakup dukungan teknologi dan non-teknologi.

“Bersama Inkowapi, Gojek akan membagikan langkah- sukses berbisnis digital menggunakan GoBiz, aplikasi super bagi mitra usaha Gojek. Kami harap, kolaborasi ini memberikan kesempatan serta manfaat bagi para pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi, dan ikut serta membangkitkan geliat sektor UMKM yang perannya sangat penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia,” ujarnya.


Dikatakan, kerja sama Gojek dan INKOWAPI diawali dengan pelatihan yang diadakan secara daring awal pekan ini  dan dihadiri oleh ratusan usaha pengusaha perempuan di bawah naungan Inkowapi. Pelatihan diampu oleh tim Gojek yang memberikan penjelasan komprehensif mengenai ekosistem teknologi Gojek untuk pelaku UMKM dan seluk beluk mengembangkan bisnis dengan sukses menggunakan aplikasi GoBiz.

Pelatihan dilanjutkan dengan presentasi dan tanya jawab dengan pemilik Bee’s Juice and Kitchen, mitra usaha GoFood di Surabaya, tentang tips pemasaran produk secara kreatif, resep menjadi andalan pelanggan, dan kesuksesan mengembangkan bisnis digital bersama Gojek.

Berdasarkan laporan berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi COVID-191” dari UN Women, lebih dari 80 persen usaha skala mikro dan kecil telah menggunakan platform digital, seperti GoBiz sebagai strategi penanggulangan dampak pandemi terhadap bisnis mereka. 

Laporan UN Women juga menemukan bahwa 82 persen pengusaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital di ekosistem Gojek seperti GoBiz, Selly, Midtrans, dan Moka.

GoBiz adalah aplikasi khusus mitra usaha Gojek yang memudahkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dan mengelola operasional bisnis dalam satu genggaman. GoBiz dilengkapi dengan fitur daftar mandiri, di mana UMKM dapat bergabung ke platform digital dengan lebih mudah dan aman, serta memeriksa d status pendaftaran dan melakukan aktivasi akun usaha secara mandiri lewat aplikasi. 

Selain itu, GoBiz juga memberikan manfaat tambahan yang mempercepat pertumbuhan bisnis mitra UMKM, yaitu dalam hal kemudahan pengembangan usaha dan kemudahan operasional bisnis.

Dalam hal kemudahan pengembahan usaha, mitra dibantu dalam hal perluasan akses pasar melalui GoFood; pembayaran non tunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS; pengaturan promosi secara mandiri; dan pengajuan modal usaha. 

Untuk Kemudahan Operasional Bisnis, aplikasi ini menawarkan pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi yang terintegrasi dengan Point of Sale (POS) serta komunikasi langsung dengan Pusat Bantuan untuk membantu penyelesaian masalah Mitra Usaha melalui fitur Support Inbox. (roh)
 

Bagikan

Related Stories