ESG Award: BTN Kantongi Penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022, Keberlangsungan Lingkungan dan Tata Kelola Jadi Fokusnya

Direktur Human Capital, Compliance dan Legal Bank PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Eko Waluyo menerima penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 kategori SOE Bank predikat Action yang diserahkan oleh Editor in Chief TrenAsia.com Adhitya Noviardi (TrenAsia/ Panji Asmoro)

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) meraih penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 kategori SOE Bank predikat Sustainability setelah bersaing ketat dengan perusahaan bank BUMN lainnya.

Direktur Human Capital, Compliance dan Legal Bank PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Eko Waluyo mengatakan perseroan selalu menjalankan strategi bisnis yang memperhatikan keberlangsungan lingkungan serta penerapan tata kelola (governance) yang baik.

“Kami menyambut baik apresiasi yang diterima oleh Direktur Utama Bank BTN, Bapak Haru Koesmahargyo sebagai The Best CEO for Environmental Policy Making dan Bank BTN sebagai predikat Sustainability untuk kategori Bank BUMN dalam ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Dengan penghargaan ini, Bank BTN dengan bisnisnya yang fokus pada pembiayaan perumahan berkomitmen untuk terus menjalankan praktik-praktik bisnis yg sehat dan ramah lingkungan serta Good Corporate Governance (GCG),” kata Eko kepada TrenAsia.com, Selasa, 25 Oktober 2022.

BTN memang patut menerima penghargaan tersebut. Berdasarkan catatan TrenAsia.com, perseroan telah mencanangkan kredit pemilikan rumah (KPR) berwawasan lingkungan sepanjang tahun lalu. Misalnya penggunaan energi solar pada perumahan yang dibiayai BTN, mensyaratkan ketersediaan penanaman pohon pada setiap rumah dan lingkungan perumahan yang dibiayai BTN serta pemberian kredit investasi kepada perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat green.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022, Michael T. Tjoajadi menambahkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG. Perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

"Komitmen TrenAsia untuk melakukan penilaian secara komprehensif dan independen dalam TrenAsia ESG Excellence 2022 ini tercermin dari prosesnya yang berjenjang dan melibatkan para pakar di bidangnya. Awarding ESG ini merupakan ajang dengan juri paling lengkap. Saya praktisi investasi, Pak Arsjad pebisnis ulung, Pak Daniri pakar governansi,  Pak Edi pakar keuangan berkelanjutan, Ibu Maria pakar CSR dan Pak Adhit pakar komunikasi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, pemilik TrenAsia Sukirno mengatakan berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 terdiri dari Michael T. Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia sebagai ketua, M. Arsjad Rasjid, Chairman Kadin Indonesia, Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG), Edi Setijawan, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Yosi Winosa pada 25 Oct 2022
Bagikan

Related Stories