Download File dari Torrent, Ini 5 Alasan Harus Dihindari

5 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Download Software dari Torrent (Freepik.com/gpointstudio)

JAKARTA - Bagi Anda pengguna internet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Torrent. Torrent awalnya diperkenalkan sebagai metode untuk berbagi file lebih cepat dan andal. Akan tetapi, ternyata Torrent justru berubah menjadi sesuatu yang berbeda sama sekali.

Banyak orang menggunakan situs dan klien Torrent untuk mengunduh software yang diretas secara gratis yang seharusnya mereka bayar. Hal ini adalah suatu praktik ilegal dan memiliki konsekuensi yang jauh lebih dari yang mungkin Anda pikirkan.

Meski Torrent sangat menggoda agar Anda bisa memperoleh sesuatu tanpa kehilangan uang, ada baiknya jika Anda mengetahui konsekuensinya. Berikut beberapa risiko yang perlu Anda ketahui.

Risiko Download File Software dari Torrent

Berikut beberapa konsekuensi dan risiko yang harus Anda ketahui ketika menggunakan Torrent untuk download software.

1. Masalah Legalitas

Ada banyak risiko akibat mengunduh dan menggunakan software yang diretas dari situs Torrent. Masalah legalitas adalah konsekuensi yang paling jelas.

Pembajakan digital secara ilegal ternyata sudah terjadi di sebagian besar negara. Dengan mengunduh software dari Torrent, bisa jadi Anda telah dengan sengaja melanggar perjanjian lisensi EULA dengan tidak membayar.

Meski Anda mungkin tidak mengambil uang secara langsung dari developer, Anda menggunakan perangkat lunak mereka tanpa lisensi yang sesuai. Jika Anda ketahuan menggunakan perangkat lunak bajakan, maka ada kemungkinan jika ketahuan Anda dikenakan denda.

2. Risiko Malware

Meski Anda sudah andal dan terlatih, sulit untuk mengetahui apakah file yang Anda unduh aman atau tidak. Situs Torrent dapat menjadi tempat berkembang biaknya malware, virus, dan ancaman lain yang dapat menginfeksi perangkat Adna.

Selain itu, sebagian besar situs Torrent tidak mengizinkan Anda untuk memindai berkas. Biasanya, Anda perlu menonaktifkan antivirus terlebih dahulu untuk menggunakan software yang telah diretas. Hal itu akan memudahkan malware atau file yang terinfeksi untuk menemukan jalannya ke sistem di perangkat Anda. 

3. Tidak Ada Dukungan dan Pembaruan

Jika Anda menggunakan situs Torrent untuk download software, seringkali Anda akan mendapatkan versi software yang kedaluwarsa dan tidak mendukung. Hal ini karena Anda tidak membayar untuk produk tersebut, maka orang yang membagikan file juga tidak memiliki kewajiban untuk memberikan perbaikan bug atau pembaruan. Kondisi tersebut akan membuat Anda jadi rentan terkena bug, risiko keamanan, dan masalah kompatibilitas di perangkat Anda.

4. Biaya Tersembunyi

Meski situs Torrent mungkin tampak nyaman, ada kemungkinan bahwa situs tersebut datang dengan biaya yang tersembunyi yang tidak Anda sadari hingga semuanya terlambat. Bisa jadi file gratis tersebut berisi keyloggers, adware, bahkan spyware yang dapat memantau aktivitas Anda, menampilkan iklan yang tidak diinginkan, dan mencuri informasi pribadi Anda.

5. Masalah Privasi

Seperti yang Anda ketahui, saat ini terjadi kenaikan harga platform streaming. Kondisi tersebut bisa menimbulkan pembajakan online yang meningkat pesat. Meski Torrent tampaknya lebih memudahkan Anda daripada berlangganan di setiap layanan streaming, tapi hal ini ternyata justru membahayakan privasi Anda.

Situs-situs Torrent tidak diatur. Jadi, Anda tidak akan pernah tahu data apa tentang Anda yang dikumpulkan dan siapa saja yang memiliki akses ke sana. Bahkan, banyak klien Torrent meminta Anda untuk menonaktifkan firewall komputer yang itu bisa berarti mengizinkan malware apapun untuk mengakses informasi pribadi Anda.

Itu tadi beberapa alasan mengapa seharusnya Anda tidak download atau mengunduh file dari Torrent.

Editor: Redaksi

Related Stories