Dorong UMKM Naik Kelas, Perusahaan Besar Diminta Terlibat Permodalan hingga Kemitraan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta keterlibatan perusahaan besar dalam membantu UMKM agar naik kelas bisa masuk pasar dunia digital. (KSP)

Jakarta, Balinesia.id - Perusahaan - perusahaan besar diminta terlibat dalam mendukung program pemerintah untuk menaikkan kelas UMKM melalui program permodalan, kemudahan perizinan, hingga pemasaran dan kemitraan.

Ajak agar perusahaan terilibat dalam upaya menaikkan kelas UMKM sehingga bisa masuk pasar atau dunia digital disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko.

Moeldoko mengajak perusahan-perusahaan besar ikut menaikkan kelas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagaimana yang menjadi fokus Presiden Joko Widodo pada dua hal terkait pengembangan UMKM.

"Dua fokus itu adalah UMKM naik kelas dan UMKM masuk dunia digital," tukas Moeldoko saat menerima kedatangan Eka Tjipta Foundation (ETF), di gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Sebagai Impelementasinya, pemerintah memberikan dukungan dari berbagai aspek, mulai hulu hingga hilir. Seperti permodalan, kemudahan perizinan, hingga pemasaran dan kemitraan.

"Program ini tentu akan semakin massif dan cepat terwujud kalau perusahan-perusahaan besar juga terlibat,” tandas Panglima TNI 2013-2015 ini.

Dikatakan, pemerintah juga tengah mendorong program vokasional atau kejuruan untuk mempersiapkan generasi-generasi unggul pada 2045.

Langkahnya, dengan melakukan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik dari segi kualitas dan kompetensi maupun sarana dan prasarana sekolah.

Mantan Pangdam IV/Diponegoro itu mengungkapkan,  saat ini dunianya vokasional (kejuruan).

"Karena itu  sekarang harus mulai mempersiapkan lulusan-lulusan sekolah yang link and match dengan industri atau dunia kerja," sambungnya dikutip dari keterangan tertulis.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Eka Tijpta Foundation Hong Tjhin menyampaikan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan yang sejalan program pemerintah, yaitu terkait pengembangan UMKM dan pembangunan sumber daya manusia.

Dalam rangka 100 tahun Eka Tijpta, ETF telah bekerjasama Kementerian Koperasi dan UMKM untuk membantu UMKM naik kelas dengan melakukan transformasi digital.

“Kami sudah meluncurkan UMKM Connect. Ini media untuk menaikkan kelas UMKM lewat digital,” jelas Hong Tjin.

Dalam kaitan dengan pembangunan sumber daya manusia, Eka Tjipta Foundation juga telah melakukan revitalisasi SMK di beberapa wilayah, melalui pelatihan digital bagi guru dan siswa.

Disebutkan, dari 18 SMK, yang sudah berjalan 13 SMK dengan memberiikan pelatihan soal content creator dan pemrograman.

"Jadi revitalisasi yang kami lakukan bukan pada fisik, tapi kualitas sdmnya,” sambung Hong Tjin.

Kedatangan Eka Tjipta Foundation di Kantor Staf Presiden guna mengajukan kerja sama dalam membantu pelaksanaan program-program pemerintah. Seperti, pengembangan dan peningkatan UMKM, pendidikan vokasi, dan penurunan angka stunting.***


Related Stories