Donor Darah Sambut Hari Pahlawan, 18 Komunitas di Denpasar Raya Rangkul Warga

18 komunitas ergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Denpasar mengikuti donor darah, Sabtu (11/11). (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Tercatat 18 komunitas dari berbagai genre seperti anak motor Bold Riders, kemudian esport, fans club serta komunitas seni di Denpasar menggelar donor darah massal yang dipusatkan di dua tempat, yakni di kantor LPD dan PMI.

Ada lebih dari 100 orang yang turut mendonor dalam kegiatan yang mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 yang bertepatan momentum Hari Pahlawan.

Koordinator acara I Gusti Ngurah Adi Pramana mengatakan antusiasme peserta yang berasal dari berbagai komunitas ini sangat tinggi. Mereka kembali mengikuti kegiatan donor yang secara rutin digelar tiap tahun ini dengan alasan kemanusiaan.

Tahun ini ada 18 komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Denpasar mengikuti kegiatan yang dilangsungkan sejak Sabtu (11/11).

Pihaknya juga menggandeng  Desa Ubung Kaja Denpasr yang memfasilitasi lokasi sebagai tempat donor.

Total ada 115 peserta yang mendaftar dalam kegiatan donor darah ini, dari jumlah ini ada 12 orang yang ditolak karena tidak memenuhi standar untuk donor seperti faktor dan tensi HB, sehingga donor tidak bisa dilakukan.

"Secara umum pelaksanaan berjalan dengan sangat lancar," jelasnya, Rabu (23/11).

Koordinator Kolaborasi KITA Denpasar raya Fransiscus Stevy mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut mendonorkan darahnya secara rutin. Tahun sebelumnya juga banyak peserta yang mendaftar, namun tahun ini pesertanya bertambah banyak.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri 2022 yang sudah memasuki tahun ketiga. Spirit hari pahlawan diharapkan dapat menjadi energi positif bagi setiap pendonor dan bisa bermanfaat untuk penerima donor," jelasnya.

Peserta dari komunitas dan masyarakat yang mengikuti kegiatan ini ada dari anak motor Bold Riders Dewata Rockers, Brandalz MC, XODA, HCRC, VIB Bali, FRC Denpasar, Densefic, GCI Bali, SSFC, RVI Bali, Peace Bali, kemudian Moto X, lalu ada fans club AIS Bali, Indomanutd Bali, ICI Bali, Maczman Bali, Bonek Bali, Buldog, warga Banjar Ubung Kaja, serta sejumlah mahasiswa dari Fakultas Teknik Unwar, Fakultas Hukum Unwar, BEM Unwar.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.

Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program ini menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas.

Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi. ***


Related Stories