Deretan Public Figure yang Ikut Demo Peringatan Darurat di DPR

Deretan Public Figure yang Ikut Demo Peringatan Darurat di DPR (x.com/IndoPopBase)

JAKARTA – Seperti yang Anda ketahui, terdapat seruan kawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang viral di media sosial usai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui revisi Undang-Undang terkait Pilkada, yang dianggap dapat mengancam demokrasi. 

Akibatnya, massa akan melakukan demonstrasi di Gedung DPR, Senayan pada Kamis, 22 Agustus 2024. Aksi ini dijadwalkan dimulai di Gedung DPR Senayan pada pukul 09.00 WIB.

Aksi dari berbagai elemen masyarakat ini dilakukan untuk “Kawal Putusan Mahkamah Konstitusi” (MK) terkait Pilkada Serentak. Mereka menuntut agar DPR RI tidak mengubah Keputusan MK No.60/PUU-XXII/2024.

Masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan massa dari Partai Buruh, melaporkan rencana mereka untuk menggelar demonstrasi. 

Selain itu, beberapa artis juga ikut serta dengan memasang gambar lambang Burung Garuda berlatar belakang warna biru yang bertuliskan ‘Peringatan Darurat,’ serta turun langsung untuk ikut aksi di depan gedung DPR RI.

Artis seperti Acha Septriasa, Dochi Pee Wee Gaskins, dan Fedi Nuril turut mengunggah poster bertuliskan “Peringatan Darurat” dengan latar belakang biru tua. Adapun aktor, sutradara, komedian, dan musisi juga memposting tangkapan layar siaran ‘Peringatan Darurat’ di media sosial mereka.

Mereka mengunggah gambar tersebut setelah Badan Legislasi (Baleg) DPR diduga sedang mempercepat perubahan aturan Pilkada 2024 pasca keputusan MK.

Musisi Fiersa Besari menyuarakan keresahan terkait situasi politik dengan mengunggah foto ‘Peringatan Darurat,’ sementara Baskara Putra alias Hindia, Fedi Nuril, Joshua Suherman, dan Andhika Praatama juga membagikan screenshot yang serupa.

Berikut Deretan Artis yang Ikut Demo

Inilah beberapa artis yang mengikuti demo aksi unjuk rasa Peringatan Darurat:

Sejumlah Komedian

Komedian seperti Cing Abdel, Abdur Asryad, Bintang Emon, Yuda Keling, dan Arie Kriting terlihat berkumpul di depan DPR. Mereka membawa poster merah yang menampilkan lirik lagu dari soundtrack film “Agak Laen.” Poster tersebut tulisan “Agak Laen Kau, Agak Laen Bapakmu, Agak Laen Kau Sek’luarga.”

Para komedian tersebut kompak mengenakan kaus hitam dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya,” yang musiknya diputar dari mobil komando milik massa buruh. Abdur dan Cing Abdel juga tampak menggunakan kacamata hitam di lokasi tersebut.

“Semoga tetap diberlakukan seperti putusan MK sebelumnya, yang diharapkan oleh sebagian orang yang hadir di sini mungkin ya pemerintah jangan plin plan dalam menyikapi putusan MK,” kata salah satu komika Bintang Emon, di lokasi.

“Yang dirasa menguntungkan sebagian pihak ambil keputusan disetujui dilaksanakan, yang dirasa tidak cocok justru diacak-acak,” sambung dia.

Massa aksi di depan DPR hingga pukul 10.21 WIB terlihat sudah dipadati massa. Seiring massa yang berdatangan, arus lalu lintas di sekitar DPR mulai dialihkan dan mengalami kemacetan.

Kunto Aji

Musisi Kunto Aji mengungkapkan melalui akun X pribadinya bahwa ia akan berusaha ikut serta dalam aksi demo yang berlangsung di Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2024. Ia menyampaikan hal ini dalam sebuah cuitan. 

Ia mengatakan, bahwa tepat di malam harinya akan menggelar konser tour Jakarta. “Mana besok malam konser tour Jakarta. Kalau sempat gue bakal tetep ikutan turun sih,” tulisnya.

Ananda Badudu

Ananda Badudu dari grup musik Banda Neira melalui akun X pribadinya, menunjukkan persiapannya untuk ikut demo dengan membeli masker kimia. “Beli dulu persiapan buat besok,” cuitnya.

Joko Anwar

Joko Anwar hadir mengenakan baju hitam dan didampingi beberapa orang. Mereka akan mengawasi keputusan MK yang direncanakan akan dibatalkan oleh Baleg DPR.

Okky Madasari

Okky Madasari juga menyuarakan hal yang sama melalui puisi yang diunggah di media sosialnya.

“Peringatan Darurat. Buk, negara kita darurat, dipimpin penjahat yang terbahak-bahak melihat aturan diacak-acak dikuasai pengkhianat yang tetap tidur nyenyak saat rakyat berteriak-teriak,” bunyi puisi Okky Madasari yang menyertai unggahan Peringatan Darurat itu.

“Buk, aku pamit turun ke jalan sampai menang,” cuitannya dalam X @okkymadasari.

Andovi Da Lovez

Artis Andovi Da Lopez juga ikut serta dalam aksi demo di gedung DPR RI. Sebelumnya, Andovi mengekspresikan kemarahannya melalui video yang diunggah di media sosial.

Ia mengkritik situasi politik Indonesia menjelang Pilkada 2024, yang menurutnya telah mencapai kondisi Gawat Darurat.

“Apa yang sedang terjadi di Indonesia saat ini adalah Gawat Darurat, tolong fokuskan attention kalian ke hal-hal penting. Gua gamau jelasin kasus-kasus seleb-seleb,” tegas Andovi Da Lopez dalam videonya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 22 Aug 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories