Danu Kerthi Digelar di Danau Batur

Pelaksanaan upacara Danu Kerthi di Danau Batur. (Balinesia.id)

Bangli, Balinesia.id - Upacara Danu Kerthi digelar Pasemetonan Sulinggih Trah Ida Bhatara Notor Wandira di Danau Batur, Sabtu, 13 Juli 2021. Danu Kerthi digelar untuk memohon keseimbangan alam.

Penanggung jawab upacara, Ida Rsi Agung Bhagawan Damarjaya Pemecutan ada lima orang sulinggih dari klan tersebut yang dilibatkan memimpin upacara. Selain dirinya yang merupakan sulinggih dari Gria Bandana Kerobokan, empat orang lainnya adalah Ida Rsi Agung Bhagawan Dewa Ngurah dari Gria Legian, Ida Rsi Agung Bhagawan Adnyana Telabah dari Gria Kerobokan, Ida Rsi Agung Bhagawan Dawan Pemecutan dari Gria Kubunggunung, Jimbaran, dan Ida Rsi Agung Dharma Putra Adnyana dari Gria Agung Lanang Dawan.

"Yadnya Panca Mustika Danu Kertih dilakukan oleh Pasemetonan Trah Ida Bhatara Notor Wandira yang bertujuan untuk memohon keseimbangan dunia," katanya.

Menurutnya, saat ini dunia sedang tidak seimbang. Salah satu tandanya adalah kehadiran Covid-19. Oleh karena itulah upaya-upaya menyeimbangkan semesta perlu dilakukan kembali. Selain dengan upaya sekala melalui prokes, juga perlu ditempuh langkah niskala melalui bhuta yadnya. "Tentu dalam pelaksanaan yadnya, prokes wajib diperhatikan," katanya.
 
Melalui upacara tersebut, pihaknya pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ngrastiti agar dunia segera menjadi seimbang. "Dengan semua upaya kita, melalui japa, mantra, yoga kita, bersama-sama memusatkan pikiran, agar dunia ini seimbang harmonis sekala-niskala," katanya.

Pangemong Pura Ulun Danu Batur, Jero Gede Batur Duhuran, menilai inisiatif upacara tersebut sangat utama. Menurut keyakinan masyarakat Bali, Danau Batur adalah danau penting sekala-niskala, termasuk dalam hal penyeimbangan dunia.

Dalam konteks wabah, sebutnya, segara baik sagara agung yang merujuk pada lautan atau samudera maupun sagara alit yang merujuk pada danau diyakini merupakan asal-muasal wabah dan penawarnya. "Jika salah mengelola segara secara sekala-niskala, wabah bisa muncul, namun jika benar mengelolanya akan muncul amerta, atau saripati kehidupan. Maka dari itu, pelaksanaan upacara Danu Kerthi ini sangatlah utama, utamaning utama. Kami sebagai pangemong linggan Ida Bhatari Danuh sangat berterimakasih. Ke depan, mari kita bersama-sama memohon keharmonisan jagat. Agar Covid-19, pandemi ini segera somya (netral, red)," katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories