Daftar Harga Rumah di DIY Mulai Rp150 Jutaan, Cocok untuk Masa Pensiun

Cocok untuk Masa Pensiun, Berikut Daftar Harga Rumah di DIY Mulai dari Rp150 Jutaan (Sikumbang)

YOGYAKARTA– Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang sering dikenal sebagai wilayah yang memiliki ritme hidup yang lebih santai, berbeda dengan kota lain seperti Semarang, Surabaya, atau DKI Jakarta. Hal ini kerap menjadikan daerah ini dijadikan tujuan sejumlah orang untuk menikmati hidup setelah pensiun.

Udara di DIY yang relatif masih bersih, nuansa budaya yang tinggi, serta banyaknya tempat wisata menjadi salah satu pendorong kenapa daerah ini banyak dipilih untuk menjalani hari tua. Bukan itu saja, banyaknya fasilitas pendidikan berkualitas juga menjadikan banyak orang memilih tinggal di daerah ini. 

Dengan biaya hidup yang tergolong lebih rendah dibandingkan Jakarta dan kota metropolitan besar lainnya, DIY tentunya mampu menawarkan kehidupan Anda yang tenang tetapi dinamis.

Tentu saja Anda harus membeli rumah untuk tinggal di wilayah tersebut. Dan berikut beberapa pilihan rumah untuk Anda di DIY dari harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Data dikutip dari website Sikumbang Selasa 23 Juli 2024.

Rekomendasi Pilihan Rumah untuk Pensiun di Yogyakarta

Griya Logandeng Permai

Pilihan rumah murah pertama Anda adalah Griya Logandeng Permai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikembangkan oleh PT Usaha Sumber Rejeki, perumahan subsidi ini menawarkan rumah tipe 36/72 dengan 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Untuk spesifikasinya, rumah subsidi ini menggunakan atap berbahan eternit, dinding bata merah, keramik lantai ukuran 30×30 cm, dan pondasi menggunakan batu kali dan sloof.

Harga rumah subsidi di DIY ini dibanderol mulai dari harga Rp150 juta.

Graha Absolut Pereng Wetan

Rumah dijual di DIY dengan harga murah selanjutnya yakni Graha Absolut Perang Wetan yang berlokasi di kawasan Argorejo, Kabupaten Bantul.Perumahan ini dibangun oleh PT Absolut Bangun Graha. Mereka menawarkan Anda rumah komersial tipe 35/72 yang mempunyai 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Spesifikasi rumah murah ini menggunakan atap berbahan metal, dinding dari bata merah, lantai keramik 40x40 cm, serta pondasi dari batu gunung. Sedangkan, harga unit perumahan DIY ini ditawarkan Rp225 juta.

Mustika Asri Residence 2

Rekomendasi perumahan murah berikutnya yakni Mustika Asri Residence 2 yang dipasarkan oleh PT Berdikari Putra Perkasa. Lokasinya berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Wedomartani, dekat dengan pusat kota.

Dengan dana Rp400 juta, Anda sudah bisa memiliki rumah dengan luas bangunan 140 m2 dan luas lahan 152 m2. Hunian ini dilengkapi 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Spesifikasi bangunannya menggunakan atap beton, dinding batu bata, dan lantai granit.

Bintang Family Residence

Bila Anda cari perumahan murah di DIY siap huni, mungkin Bintang Family Residence bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda. Letak perumahan ini berada di kawasan Bangunjiwo, Kabupaten Bantul yang terbilang strategis. Ada beberapa pilihan tipe rumah yang ditawarkan oleh PT Bintang Family Land selaku pengembang proyek residensial ini. 

Unit hunian murah yang ditawarkan yakni rumah tipe 45/92 yang dijual seharga Rp474 juta. Untuk spesifikasinya, rangka atap terbuat dari baja ringan, bagian dinding menggunakan batu merah diplester dan dicat, serta lantai memakai beton bertulang dan ditutupi lantai granit.

Kuantan Regency Wirobrajan

Nah, kalau Anda cari perumahan di DIY dekat kawasan Malioboro, salah satu pilihannya adalah Kuantan Regency Wirobrajan. Malioboro merupakan salah satu tujuan wisata ternama di DIY dan menjadi destinasi utama untuk turis lokal dan mancanegara. 

Meski harganya lebih mahal lantaran dibanderol Rp2,3 miliar, akan tetapi lokasinya terbilang strategis dan berada di pusat kota. 

Perumahan elite di Jogja ini menawarkan Anda satu tipe rumah yakni 80/161 dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Adapun spesifikasi atap menggunakan baja ringan, bagian dinding terbuat dari bata merah serta lantai memakai granit.

Nah, itulah berbagai rekomendasi rumah di Jogja yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan alokasi dana yang Anda punya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Prita Lyani Ayuninda pada 03 Aug 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories