D’Youth Fest 2021, Ruang Ekspresi Anak Muda di Denpasar

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menyatakan itu, saat Jumpa Media di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Senin 11 OKtober 2021. (Humas Pemkot Denpasar)

Denpasar, Balinesia.id - Dinas Pariwisata bersama Badan Kreatif (Bekraf) dan Komuinitas Kota Denpasar siap menggelar Denpasar Youth Festival (D’Youth Fest) Tahun 2021 sebagai ruang ekspresi dan kreatifitas anak muda Kota Denpasar.

Ajang itu dirangkaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini  akan dibuka pada 16 Oktober dan akan berlangsung hingga 7 November mendatang.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menyatakan itu, saat Jumpa Media di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Senin 11 OKtober 2021.

Jaya Negara mengatakan, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah membatasi gerak dan jarak hampir seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali, masyarakat di Kota Denpasar.

Bagi masyarakat kreatif,  terutama kalangan muda, apa pun yang terjadi, pilihannya yakni terus bergerak maju, berkreasi dan berinovasi menyiasati situasi dan kondisi meski harus menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Sesuai visi ‘Denpasar Kota Kreatif Berwawasan Budaya Menuju Denpasar Maju’. Kami memberikan ruang kreatifitas generasi muda menciptakan aksi, memberikan reaksi dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensinya, meski demikian, penerapan protokol kesehatan menjadi point penting pelaksanaan kegiatan ini,” jelas Jaya Negara yang juga seorang seniman.

Spirit I Tengkek Ngindang atau Burung Raja Udang Biru maskot kebanggan Kota Denpasar menjadi ikon pelaksanaan D’Youth Fest Tahun 2021 ini.  Hal ini melambangkan simbul kekuatan, ketangkasan dan kelincahan.  

Diharapkan spirit ini mampu membawa kaula muda di Kota Denpasar dengan semangat mengejar prestasi dan untuk menyemangati kaum muda agar mereka selalu tampil di muka memberi inspirasi untuk tetap bergerak dan menunjukkan pesona guna memberi warna indah pada masyarakat sekitar agar tetap riang dan penuh semangat,” ujar Jaya Negara

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani bersama Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar, I Putu Yuliarta dan  Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, I Wayan Hendaryana menambahkan, event D’Youth Fest 2021 ini melibatkan sedikitnya 1.000 merchat UMKM di Kota Denpasar. 

Pelaksanaan kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi pemerintah, swasta, komunitas serta akademisi dengan bkraf Denpasar.

“Moment event ini selain kompetisi dan exebition kami juga menghadirkan starter kit bussines berupa 1 booth distro dan angkringan, peresmian blockchain center serta  pelatihan untuk menambah soft skill generasi muda,” jelasnya

Ia mengajak, bersama-sama bergerak menumbuhkan jiwa wirausaha sehingga unggul dalam kualitas SDM, dan menjadi wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkarya dengan kreatfitas tanpa batas sekaligus memperkuat tradisi namun tetap adaptasi dengan digitalisasi. (roh)
 


Related Stories