Covid-19 Makin Tinggi di Bali, India Promosikan Ventilator Artifisial ke Pemkot Denpasar

Perwakilan dari India menawarkan ventilator kecerdasan buatan kepada Pemkot Denpasar seharga Rp58 juta per unit

Denpasar, Balinesia.id—Volunter Think Bali dari India menawarkan alat bantu pernafasan yang dikembangkan oleh ahli kesehatan di India untuk digunakan di rumah sakit milik Pemkot Denpasar guna menangani pasien Covid-19.

Monica Mahindra perwakilan Volunter Think Bali menjelaskan alat yang ditawarkan bernama Agva Ventilator. Ventilator ini bekerja dengan kecerdasan artifisial (buatan) robotic work engineering. Harga alat tersebut dibanderol senilai Rp58 juta per unit.

“Dengan berat hanya 2 kilogram, alat ini sudah mencakup semua fungsi ICU Ventilator dan bisa dipergunakan secara portable baik di klinik, didalam ambulance, mobil pemadam kebakaran, ataupun home care sebagai pemantau level oksigen pasien,” jelasnya dikutip dari siaran pers, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut dijelaskan ventilator bekerja dengan memanfaatkan oksigen disekitar alat dengan baterai yang diisi ulang selama kurang lebih 4 jam. AgVa ventilator ini sendiri sudah dioperasikan sebanyak 100 unit di Jakarta oleh partner kami. 

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Pemkot Denpasar yang telah memberikan kesempatan untuk memperkenalkan AgVa Ventilator ini. Sebagai kelanjutan pertemuan ini, selama dua bulan pertama kami memperkenankan alat ini untuk diujicobakan dan semoga alat ini dapat membantu upaya Pemkot Denpasar dalam membantu pasien yang membutuhkan alat ventilator di dalam menanggulangi covid-19,” ucap Monica.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyambut baik tawaran tersebut untuk upaya penanggulangan covid-19 di Kota Denpasar.

“Kami sangat terbuka dengan uluran dari berbagai pihak. Apalagi inovasi yang terus dikembangkan di bidang kesehatan ini akan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna mendukung percepatan penanggulanagn covid-19 di Kota Denpasar,” jelasnya. 


Related Stories