Cok Ace Laporkan Upaya Bali Tekan Laju Penyebaran Covid-19

Cok Ace (sumber: Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tidak berpangku tangan menyikapi kasus Covid-19 yang masih tinggi di Pulau Dewata. Sejumlah upaya terus dilakukan, termasuk melakukan tindakan-tindakan tegas.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab dipanggil Cok Ace menerangkan, selama ini pihaknya sudah melakukan serangkaian upaya, mulai dari sosialisasi 3M, penerapan PPKM, hingga penindakan tegas bagi pelanggar protokol kesehatan (prokes). Bahkan, Bali tidak segan-segan mendeportasi sejumlah WNA yang membandel.

“Lampanye 3M terus kami lakukan bersama kabupaten/kota, di samping itu tindakan tegas juga diambil dari konsekuensi tidak menerapkan 3M, salah satunya adalah kerjasama kami dengan Kanwil Kemenkumham Bali dalam menindak para WNA yang tidak mengindahkan 3M, dimana telah dilaksanakan deportasi bagi WNA yang tidak menaati 3M,” katanya dalam rapat koordinasi daring yang digelar Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu, melihat tren kasus yang terus meningkat, Pemprov Bali saat ini sedang memprioritaskan pelayanan fasilitas kesehatan baik dari segi obat-obatan, tenaga kesehatan, maupun ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Hal tersebut dilakukan agar pasien-pasien Covid-19 dapat tertangani dengan cepat.

“Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan oksigen yang semakin menipis, untuk itu kami berharap Pemerintah Pusat dapat membantu Bali dalam pemenuhan ketersediaan oksigen,” harapnya.

Menteri Koodinator Bidang Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa fungsi posko pada desa/kelurahan harus lebih dimaksimalkan untuk menyadarkan 3M. “Masih banyak masyarakat yang tidak paham atau bahkan abai dengan pentingnya 3M tersebut. Tokoh-tokoh agama harus dilibatkan dalam membantu pemerintah mensosialisasikan pentingnya 3M dalam mencegah virus Covid-19. Semakin banyak yang bergerak maka masyarakat akan semakin paham” katanya. jpd

Tags covid 19cok aceBagikan
Jero P. Ariana

Jero P. Ariana

Lihat semua artikel

Most Popular








Related Stories