Cara Packing Baju di Koper untuk Traveling Agar Liburan Makin Praktis dan Menyenangkan

Cara Packing Baju di Koper untuk Traveling Agar Liburan Makin Praktis dan Menyenangkan (Freepik.com)

JAKARTA - Apakah sekarang Anda sedang merencanakan liburan akhir pekan atau perjalanan panjang? Jika iya, maka Anda perlu memiliki kemampuan untuk mengemas dengan efisien karena dapat sangat mempengaruhi pengalaman perjalanan Anda. 

Seperti yang dilansir dari Travel and Leisure, ada seni tersendiri dalam mengatur pakaian, perlengkapan mandi, dan kebutuhan perjalanan lainnya. Packing dengan tepat dapat menghemat waktu serta membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Berikut beberapa cara memaksimalkan ruang hingga perencanaan pakaian, untuk mengemas koper seperti seorang profesional.

Cara Packing Barang Bawaan Traveling dengan Tepat

1. Pertimbangkan Moda Transportasi yang Anda Gunakan 

Sebelum Anda berkemas atau packing, Anda perlu memikirkan moda transportasi apa saja yang akan Anda gunakan. Misalnya, jika Anda mengemudi atau terbang hanya dengan membawa koper kabin, Anda sebaiknya mengemas lebih banyak barang karena banyak maskapai hanya menimbang bagasi check-in. Cara transportasi Anda seharusnya membantu Anda memutuskan seberapa banyak yang bisa Anda bawa dan ukuran koper yang tepat.

2. Ketahui Batas Berat Bawaan yang Diterapkan oleh Maskapai Penerbangan yang Anda Gunakan 

Jika Anda terbang dan menggunakan bagasi, Anda sebaiknya menaati batas berat barang bawaan penumpang yang diterapkan oleh maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan timbangan bagasi untuk memastikan koper Anda tidak melebihi batas tersebut, sekaligus memberi ruang ekstra untuk oleh-oleh.

3. Jangan Terlalu Memikirkan Teknik Melipat VS Menggulung Pakaian

Ternyata, baik melipat atau menggulung pakaian tidak memiliki perbedaan besar. Anda lebih baik memilih melipat pakaian kasual seperti jeans dan atasan katun, dan menggulung pakaian yang lebih halus atau mudah kusut. Intinya, pilihlah metode yang paling nyaman untuk Anda.

4. Manfaatkan Setiap Ruangan yang Ada di Koper

Tidak peduli metode packing apa yang Anda pilih, Anda perlu menekankan pentingnya memanfaatkan setiap inci ruang dalam koper Anda. Bahkan ruang-ruang kecil seperti bagian dalam sepatu dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kaus kaki atau pakaian dalam.

5. Gunakan Packing Cubes untuk Menjaga Isi Koper Tetap Terorganisir

Sebaiknya Anda memanfaatkan penggunaan packing cubes untuk menjaga isi koper tetap teratur dan memudahkan proses pembongkaran setelah sampai di tujuan. Packing cubes juga berguna untuk memisahkan pakaian bersih dari pakaian kotor selama perjalanan.

6. Rencanakan Pakaian Anda dengan Cermat

Mulailah merencanakan pakaian sekitar satu minggu sebelum perjalanan, catat apa yang akan dikenakan setiap hari dan barang-barang tambahan yang perlu dibawa. Hal ini juga akan membantu Anda menyaring barang-barang yang tidak perlu dibawa.

Pertimbangkan dengan Matang Setiap Pakaian yang Masuk ke Koper Sebelum memasukkan pakaian ke dalam packing cubes, Anda harus bertanya pada diri Anda sendiri apakah Anda benar-benar akan mengenakan busana tersebut. Cara ini juga akan membantu Anda untuk mengurangi overpacking.

7. Gunakan Botol Perlengkapan Mandi yang Berkualitas

Anda bisa membeli botol perlengkapan mandi berkualitas tinggi yang tahan bocor dan mudah diisi ulang, terutama jika Anda memiliki rutinitas perawatan kulit atau rambut yang spesifik.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat harus packing baju di koper dengan baik. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda bisa mengemas koper Anda seperti seorang ahli dan menikmati perjalanan tanpa stres.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories