Cara Mencegah Google Merekam Pencarian Suara di Ponsel Android

Cara Mencegah Google Merekam Pencarian Suara di Ponsel Android (Freepik)

JAKARTA - Di era digital seperti sekarang, kenyamanan seringkali mengorbankan privasi. Hal itu tidak terkecuali smartphone Android yang didukung oleh ekosistem Google.

Meski layanan seperti Google Maps dan Gmail menawarkan berbagai utilitas yang menakjubkan, mereka juga mengumpulkan data pengguna untuk berbagai tujuan.

Pengumpulan data tersebut mencakup interaksi suara seperti penelusuran suara dan Google Assistant. Meski beberapa orang mungkin merasa terbantu dalam hal personalisasi dan akurasi, pengguna lain mungkin menginginkan kontrol lebih besar atas rekaman suara mereka.

Cara Menonaktifkan Rekaman Pencarian Suara di Google

1. Navigasikan ke ‘My Activity’

Akses aktivitas akun Google Anda melalui aplikasi khusus ‘My Activity’ atau dengan mengunjungi myactivity.google.com  di browser web Anda.

2. Kelola Activity Controls

Temukan bagian Activity Controls di sidebar kiri. Jika Anda tidak langsung melihatnya, klik tombol menu berbentuk tiga garis horizontal.

3. Nonaktifkan Voice and Audio Activity

Dalam Activity Controls, identifikasi opsi Include voice and audio activity. Hapus centang pada kotak untuk menonaktifkan rekaman pencarian suara sepenuhnya.

Anda bisa menggunakan setelah ini ke berbagai produk Google yang menggunakan penelusuran suara, termasuk Google Assistant. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa menonaktifkan rekaman suara dapat memengaruhi pengalaman yang dipersonalisasi dan keakuratan fitur pengenalan suara.

Cara Menghapus Rekaman Pencarian Suara

Jika Anda pernah menggunakan penelusuran suara sebelumnya dan ingin menghapus rekaman yang ada, Google menyediakan metode mudah untuk menghapusnya, seperti berikut.

  1. Dalam My Activity, gunakan fitur Filter by date and product.
  2. Kemudian pilih Assistant untuk mempersempit hasil ke riwayat penelusuran suara Anda.
  3. Setelah itu, dengan menampilkan aktivitas terkait Assistant, pilih Delete results untuk menghapus rekaman penelusuran suara Anda secara permanen.

Itu tadi cara mencegah Google merekam pencarian suara Anda di ponsel Android. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memperoleh kembali kendali atas riwayat penelusuran suara Anda dan memastikan bahwa interaksi suara di masa mendatang tidak direkam.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories