Bulan Bung Karno, Berbagai Produk Unggulan Buleleng Dipamerkan

Sekda Buleleng, Gede Suyasa (kiri) melihat salah satu produk UMKM dalam Gelar Produk Unggulan Kabupaten Buleleng. (Balinesia.id/istimewa)

Buleleng, Balinesia.id – Berbagai macam produk lokal unggulan Kabupaten Buleleng dipamerkan dalam Gelar Produk Unggulan Kabupaten Buleleng 2022. Pameran yang digelar serangkaian Bulan Bung Karno ke-4 tahun 2022 itu digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Singaraja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa, Jumat, 3 Juni 2022 mengatakan bahwa produk-produk yang dihadilkan dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Buleleng perlu terus dipasarkan ke masyarakat. Pameran itu pun merupakan upaya pihaknya untuk menggugah pegawai dan masyarakat untuk ikut berbelanja produk lokal Buleleng.

“Sesuai dengan arahan presiden dan pemerintah pusat, untuk meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri. Kita mulai dengan produk lokal daerah sendiri,” kata Suyasa.

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam menggunakan dan memanfaatkan produk UMKM lokal akan membantu perekonomian daerah, sehingga bisa semakin kuat dan berkembang. Dukungan terhadap produk lokal pada akhirnya juga akan mempengaruhi perekonomian daerah.

Baca Juga:

Suyasa mengatakan saat ini kondisi UMKM di Buleleng semakin baik, seiring adanya relaksasi peraturan, sehingga masyarakat lebih terbuka dalam berinteraksi. Mobilitas masyarakat luar daerah untuk datang ke Buleleng juga sudah semakin ramai yang mendukung peluang transaksi ekonomi semakin meluas, termasuk memperluas promosi produk lokal Buleleng.

“Terlebih juga, ada instruksi presiden untuk meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri. Kita harus bersama-sama bangga dengan produk buatan Indonesia. Semakin banyak dan baik produknya, harusnya jadi orientasi kita untuk menggunakan dan mengkonsumsinya. UMKM akan lebih kuat,” kata dia.

Ia menambahkan kegiatan tersebut juga menjadi bentuk kolaborasi dan solidaritas antar organisasi perangkat daerah (OPD) maupun masyarakat. Hal ini merupakan bentuk dari pembumian spirit Bung Karno di Bulan Bung Karno.

"Di Bulan Bung Karno dimana kita memupuk kebersamaan, memperkuat diri, bangsa dan negara untuk menghadapi segala ancaman dan tantangan hambatan. Pada kegiatan mendatang, harus memperteguh berkolaborasi sehingga bersama-sama semakin kuat,” ajaknya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories