Browser Anda Lemot? Simak Cara Mempercepat Kerja Google Chrome Berikut

Browser Anda Lemot? Simak Cara Mempercepat Kerja Google Chrome Berikut (https://www.google.com/intl/en_pk/chrome/)

JAKARTA - Browser web memiliki fungsi yang penting. Hal ini karena Anda melakukan berbagai hal di browser mulai dari menulis email, memposting di media sosial, hingga mengedit dokumen dan streaming video.

Oleh karena itu, ketika Google Chrome mulai terasa lamban atau lemot, hal tersebut dapat memengaruhi seluruh pengalaman online Anda. Jika Anda mengalaminya, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips sebagai berikut.

Cara Mempercepat Kinerja Google Chrome yang Lamban

Tes Kecepatan

Anda bisa mulai dengan menjalankan tes kecepatan melalui Speedtest.net untuk memeriksa kondisi kecepatan koneksi internet Anda.

Pemadaman Real Time

Jika situs web masih sulit untuk dimuat, coba periksa Downdetector untuk memantau adanya down secara real-time. Melalui situs tersebut Anda akan mengetahui apakah orang lain telah melaporkan masalah yang sama.

Perbarui Google Chrome

Setiap versi baru dari Google Chrome berisi fitur-fitur baru, perbaikan keamanan, dan sering kali peningkatan kinerja. Dengan memperbarui Chrome versi terbaru, hal itu dapat membantu mengatasi masalah kecepatan kinerja Chrome Anda.

Pindai Adanya Software Jahat

Anda bisa memeriksa adanya malware di sistem Anda. Anda bisa menjalankan scan anti-malware dengan beberapa software dan pastikan tidak ada perilaku hal mencurigakan yang berjalan di latar belakang. Jika menurut Anda mungkin ada malware di ponsel Anda, Anda juga dapat menjalankan software pemeriksaan virus.

Anda juga perlu memerhatian segala sesuatu yang mendorong adanya iklan tambahan ke halaman yang sedang Anda kunjungi atau melacak perilaku online. Malware jenis ini memerlukan sumber daya ekstra yang dapat memperlambat browser dan komputer Anda.

Tingkatkan Keamanan Chrome Anda

Google mengembangkan Chrome Cleanup Tool, sebuah aplikasi yang membantu menemukan dan menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan (UwS), sebuah toolbars dan ekstensi lain yang mungkin terlewatkan oleh pemeriksaan antivirus yang dipasang secara otomatis dari perangkat Windows. Namun, program ini ternyata dapat memperlambat browser Anda, jadi sering-seringlah memeriksa add-on yang tidak diinginkan seseorang mungkin.

Itu tadi beberapa cara mengatasi Google Chrome yang lambat. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories