Bingung Pilih Beli Rumah Secara Tunai atau Mencicil? Simak Penjelasannya di Sini

Bingung Pilih Beli Rumah Secara Tunai atau Mencicil? Simak Penjelasannya di Sini (Freepik.com/dit26978)

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa bingung ketika membeli barang atau properti dengan harga yang tinggi? Keputusan antara membayar tunai atau memilih pembayaran secara mencicil mungkin sulit untuk diperoleh.

Di satu sisi, membayar tunai dapat memberikan Anda rasa aman dan puas secara finansial. Namun, di sisi lain, membayar dengan mencicil justru memberikan cara pembayaran yang lebih mudah dikelola dari waktu ke waktu.

Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Rumah Baik Secara Mengangsur atau Tunai

1. Risiko yang Bervariasi

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika membeli rumah adalah terkait masalah risiko. Membeli rumah melalui pembayaran cicilan memang tampak seperti pilihan yang menarik karena membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menabung untuk uang muka dan biaya transfer kepemilikan.

Namun, ada risiko tertentu yang harus Anda cermati jika Anda ingin membayar pembelian rumah dengan mengangsur, yaitu kebutuhan untuk mengajukan pinjaman. Jika status keuangan atau kualifikasi Anda tidak dianggap memadai, maka permohonan pinjaman Anda bisa ditolak. Selain itu, masih ada biaya lain yang perlu Anda bayar selain biaya uang muka tersebut.

Di sisi lain, membeli rumah dengan uang tunai memang tampak seperti pilihan yang lebih aman. Namun, menabung dalam jumlah besar tentu dapat memakan waktu yang lebih lama. Di saat menabung, bisa jadi ada berbagai pengeluaran atau keadaan tidak terduga sehingga membuat Anda sulit untuk meraih jumlah tabungan yang diperlukan agar Anda bisa membeli rumah secara tunai.

Oleh karena itu, penting untuk merencanakan dan membagi proporsi uang yang ditabung untuk membeli rumah dengan mempertimbangkan potensi pengeluaran atau peristiwa tak terduga yang mungkin terjadi.

2. Utang

Memilih membayar dengan cara mengangsur berarti Anda harus berkomitmen untuk melunasi tagihan setiap bulan dalam jangka panjang. Komitmen ini membutuhkan manajemen biaya harian yang cermat.

Berutang juga membatasi kemampuan Anda untuk mengambil risiko dan meminjam uang untuk investasi atau tujuan lain. Sebaliknya, membeli dengan tunai berarti Anda tidak memiliki beban utang sehingga merasa lebih bebas dan kualitas hidup jadi lebih baik.

3. Stres dan Kesehatan Mental

Utang dapat menjadi sumber stres. Oleh karena itu, ketika Anda berkomitmen untuk melakukan pembayaran dengan mengangsur selama beberapa tahun, munculnya pengeluaran tidak terduga dapat menimbulkan stres.

Sedangkan untuk pembayaran secara tunai mungkin memerlukan periode menabung yang lebih lama, tapi dapat menghilangkan stres atau perasaan tertekan saat pembayaran bulanan. Oleh karena itu, untuk menghindari stres dan menjaga kesehatan, penting bagi Anda untuk merencanakan ke depan dan memilih metode pembayaran yang tepat.

4. Biaya Lainnya

Membeli rumah dengan angsuran dapat mendatangkan biaya tambahan seperti pembayaran bunga yang bisa setinggi biaya rumah itu sendiri. Di sisi lain, membeli rumah dengan uang tunai dapat menghilangkan biaya-biaya tersebut, dan menghasilkan biaya keseluruhan yang lebih rendah daripada membeli rumah dengan cicilan.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan saat membeli rumah baik secara tunai atau mengangsur.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories