BI Bali Minta TPID Waspadai Minyak Goreng Dijual di Atas HET

High Level Meeting (HLM) digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama dengan Pemerintah Provinsi Bali, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Selasa 22 Februari lalu. (BI Bali)

Denpasar, Balinesia.id  -  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengingatkan seluruh anggota TPID se-Provinsi untuk mewaspadai komoditas minyak goreng yang masih dijual dengan harga di atas Harga Eceran Tertinggi atau HET.  

Trisno Nugroho meminta TPID tetap waspada terhadap komoditas minyak goreng yang masih dijual dengan harga di atas HET yang ditetapkan pemerintah.

"Juga, pasokan minyak goreng yang juga terbatas akibat aksi pedagang yang masih menahan stok minyak goreng karena terlanjur membeli dengan harga lama," ungkap Trisno Nugroho saat High Level Meeting (HLM) digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali  bersama dengan Pemerintah Provinsi Bali, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Selasa 22 Februari lalu.

Pihaknya merekomendasikan agar seluruh anggota TPID se-Provinsi Bali terus melakukan pemantauan harga dan stok komoditas pangan yang cenderung meningkat mendekati Hari Raya Nyepi, serta operasi pasar khususnya untuk komoditas minyak goreng.

Di samping itu, perlu adanya kerja sama yang dibangun dengan Satgas Pangan untuk memastikan ketersediaan stok minyak goreng.

TPID kabupaten dan kota perlu mengantisipasi kenaikan harga sejumlah komoditas yang sering menjadi penyebab tingginya inflasi saat Hari Raya Nyepi.

"Terutama diantaranya bawang merah, daging ayam ras, telur ayam ras, dan cabai rawit," sambung Trisno Nugroho.

Kemudian, bidang digitalisasi daerah, Trisno Nugroho mendorong agar TP2DD yang telah dibentuk pada tahun 2021 terus melakukan akselerasi perluasan digitalisasi daerah di Provinsi, Kota dan Kabupaten se-Bali dari segi penerimaan pajak maupun retribusi melalui berbagai kanal pembayaran digital.

Selanjutnya, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengakselerasi perluasan digitalisasi daerah seperti komitmen seluruh Kepala Daerah beserta jajarannya untuk mendigitalisasi penerimaan pajak dan retribusi, menerbitkan ketentuan dan regulasi yang mendukung penerimaan pajak dan retribusi melalui kanal digital.

Pengembangan infrastruktur strategis yang mendukung digitalisasi, edukasi dan sosialisasi masyarakat secara tepat dan efektif, serta menyediakan layanan masyarakat yang selalu mampu menjawab pertanyaan dan kebutuhan masyarakat seputar pembayaran pajak dan retribusi.

Pada acara HLM TPID dan TP2DD ini, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan nominasi TPID Berprestasi kepada Kabupaten Bangli dan Badung, serta serah terima aplikasi Sistem Informasi Harga Pangan Utama dan Komoditas Strategis (SiGapura) dari Bank Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Bali.

Pasca serah terima SiGapura, Trisno berpesan agar seluruh OPD terkait, baik di tingkat Provinsi, maupun kabupaten/kota dapat saling bersinergi agar kualitas data harga dan stok pangan dapat semakin ditingkatkan sehingga kebijakan yang diambil bisa tepat sasaran.

HLM dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Bali dan OPD terkait. HLM TPID diselenggarakan dalam rangka persiapan menjelang Hari Raya Nyepi 2022,

HLM TP2DD membahas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendorong akselerasi perluasan digitalisasi daerah.

Gubernur Koster selaku ketua TPID dan TP2DD Provinsi Bali menyampaikan perlunya upaya bersama dalam pengelolaan masalah yang berkaitan dengan perekonomian Bali.

Dalam upaya pengendalian inflasi, Koster menyampaikan bahwa Bali perlu mulai membangun industri pengolahan minyak mengingat Bali memiliki pasokan kelapa yang cukup banyak.

“Diharapkan langkah ini dapat menjadi salah satu langkah solutif dalam jangka menengah panjang untuk mengurangi ketergantungan Bali terhadap pasokan minyak goreng dari Pulau Jawa,” imbuh Gubernur Koster. (roh) ***


Related Stories