Belerang Menyembur, Danau Batur Berubah Warna

Danau Batur diambil dari kawasan Desa Kedisan, Kintamani, Bangli.

Bangli, Balinesia.id - Fenomena alam kembali terjadi di Danau Batur, Kintamani, Bangli. Danau yang biasanya berwarna hijau pada Rabu (14/7/2021) tiba-tiba berubah menjadi hijau sulfur. Fenomena itu terjadi di bagian selatan hingga ke barat daya danau atau pada bagian kaki Danau Batut, tepatnya di kawasan pesisir Desa Buahan, Kedisan, dan Batur (Seked).

Berdasar pengamatan Balinesia.id, perubahan warna danau mulai tampak sejak pagi dan masih terjadi hingga sore. Perbedaan warna hijau sulfur di bagian selatan danau dengan warna biru di bagian utara danau, tampak mencolok.

Terhadap fenomena tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma, mengkonfirmasi bahwa kemungkinan perubahan warna danau disebabkan oleh belerang yang kembali keluar dari dasar danau. Fenomena ini sejatinya cukup sering terjadi di danau terbesar di Bali ini.

"Nggih (benar, red), laporan dari lapangan tadi pagi telah terjadi semburan belerang yang diperkirakan pagi dini hari," katanya.

Pihaknya menyatakan bahwa semburan yang paling dirasakan terjadi di kawasan Seked (Desa Adat Batur), Kedisan, dan Buahan.  Meski demikian, pihaknya belum menerima laporan adanya dampak dari semburan belerang.

"Sementara belum dilaporkan ada dampak dari semburan. Semburan paling dirasakan di Seked, Kedisan dan Buahan. Laporan dari Songan tadi siang, belum ada pengaruh apa-apa," jelasnya. jpd

Editor: E. Ariana
Bagikan

Related Stories