Begini Gaya Wagub Bali saat Menarikan Tarian Sakral Topeng Sidakarya

Wagub Bali Cok Ace saat menarikan Tari Topeng Sidakarya (Humas Pemprov Bali)

Denpasar, Balinesia.id - Melihat penampilan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati Cok Ace berpakaian dinas sudah biasa lantas bagaimana jika orang nomor dua di Pemprov Bali itu beraksi saat menari tarian sakral mesolah Topeng Sidakarya tentu menjadi pemandangan tersendiri.


Wagub Bali tampil layaknya seniman Bali dalam Karya Maligia Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung di Sanur Denpasar.

Kesibukan cukup padat sebagai orang nomor dua di Provinsi Bali, tidak menjadi kendala bagi Cok Ace kepada kegiatan bernafaskan adat budaya Hindu.

Hal iti ditunjukan Wagub Cok Ace yang masih meyempatkan diri menarikan Tari Topeng bagian dari rangkaian prosesi Karya Gria Jero Gede dan Gria Gede Keniten Sanur di Bale Peyadnyan Kawasan Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar pada Selasa, 4 April 2023.

Mantan Bupati Gianyar itu memang dikenal seniman tari yang tidak pernah melupakan kewajiban tradisi adat budaya dengan ngatur ayah nyolahang topeng.

Apalagi, dalam makna dan filosofinya, Tarian sakral ‘ Topeng Sidakarya’ ini dimaknai sebagai simbol pengusir bhutakala agar tidak mengganggu pelaksanaan yadnya atau ‘nyomya bhuta kala’ berikut dapat membantu pelaksanaan yadnya dari bhuta kasupat menjadi dewa.

Topeng Dalem Sidakarya juga memiliki makna mencapai tujuan atau menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu Topeng Sidakarya menjadi lambang bahwa pekerjaan atau karya yang digelar sudah selesai dengan baik.

Tari Topeng Dalem Sidakarya juga  diketahui sebagai salah satu tari sakral yang wajib ditarikan pada setiap upacara

Dalam prosesi Bhatara Turun ke Peselang yang terlaksana dalam kesempatan tersebut, dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Telaga dari Gria Telaga Sanur serta Ida Pedanda Gede Jelantik Giri dari Gria Gunung Sari Ubud.

Puncak berlangsung pada Minggu (2/4) dan akan berakhir pada Sabtu (8/4) mendatang dengan upacara Nyegara Gunung Ngangkit dan Nila Pati (Ngalinggihang).

Selain Wagub Cok Ace yang Ketua PHRI Bali,  Walikota Denpasar Denpasar IGN Jaya Negara juga turut ngaturang ayah mesolah Topeng dalam upacara tersebut. ***


Related Stories