Bank BPD Bali Diminta Berikan Peluang dan Edukasi bagi UMKM dan IKM

Lomba Mars dan Lagu Dirgahayu Bank BPD Bali, di Gedung Ksirarnawa Art Center - Denpasar, Sabtu (15/5/2021).

Denpasar, Balinesia,id  - Bank BPD Bali diminta tidak hanya berlaku sebagai penyedia modal bagi pengembangan UMKM/ IKM saja, namun juga membantu pemerintah dalam menyiapkan arena dan peluang dalam mengedukasi pelaku UMKM/ IKM dari segi managemen produksi dan juga pemasaran yang sehat di tengah persaingan pemasaran digital.

Putri Suastini Koster selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali menyampaikan harapannya itu saat membuka Lomba Mars dan Lagu Dirgahayu Bank BPD Bali, di Gedung Ksirarnawa Art Center - Denpasar, Sabtu (15/5/2021).

Perhelatan hari ulang tahun ke-59 Bank BPD Bali mengusung tema  "Bangkit Bersama BPD Bali". Hal ini selaras dengan kebijakan pemerintah terkait pemulihan perekonomian nasional.

Melihat kondisi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum juga berakhir, menampakkan sektor pariwisata masih mengalami keterpurukan dan harus mencari upaya agar perekonomian Bali kembali berputar, Putri berkewajiban mengajak semua pihak untuk turut serta bangkit dan mulai bergerak serentak.

Perlu diperkuat konsep segitiga sama sisi, yakni dari sektor pariwisata, sektor pertanian dan UMKM/ IKM Bali untuk saling menopang, di mana ketika pariwisata terpuruk makan masih ada dua sektor, yakni pertanian dan UMKM/IKM, yang berdiri tegak dan menopang.

"Hal ini mengingat begitu banyaknya produksi kain tenun khas Bali di luar bali, yang mengakibatkan Bali semakin hari semakin kehilangan generasi penerus sebagai tenaga kerja penenun kain tradisional.

"Yang kemudian dilanjutkan dengan penjualan kain tenun produksi luar Bali di bawa kembali untuk di jual di sini (Bali), sehingga mengakibatkan pelaku UMKM/ IKM Bali kehilangan konsumen, karena rata-rata kain tenun mereka jual dengan harga yang murah," ucapnya.

Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan lomba paduan suara yang dikolaborasikan dengan penggunaan kain endek merupakan salah satu program dalam membangkitkan karya kreativitas UMKM / IKM yang merupakan warisan budaya Bali yang juga sudah memiliki hak kekayaan intelektual komunal, sehingga hal ini menjadi fokus dalam peringatan HUT ke-59 Bank BPD Bali.

Pihaknya juga mengajak seluruh karyawan Bank BPD Bali untuk turut mendukung bangkitnya UMKM/ IKM Bali dengan mengunjungi pameran IKM di areal art center. Karena kain tenun endek memiliki nilai dan kualitas yang sangat bagus dan modis untuk digunakan. (roh)


Related Stories