Bagikan Daging Kurban, Karta Heppiii Community Madiun Gunakam Besek Anyaman Bambu

Karang Taruna Persada Dagangan akan menggunakan besek dari anyaman bambu sebagai wadah saat membagikan paket kurban pada momen Idul Adha yang akan dilaksanakan pada 21 Juli 2021. (sumber: istimewa)

Madiun, Balinesia.id -  Heppiii Community Madiun tak pernah kehilangan kreativitas seperti saat momen pembagian daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha menggunakan besek berbahan ayaman bambu

Kreativitas sejumlah karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Madiun saat mereka saat membagikan daging kurban di momen Idul Adha 1442 H, terasa unik berbeda dibanding tempat lainnya.

Program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021 sepakat menyukseskan kegiatan.

Momentum hari Kurban 1442 H dimanfaatkan dengan berkolaborasi KITA melaluo program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Sebanyk 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam pelaksanaan nanti, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kegiatan Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

Pada 21 Juli 2021, Karta Persada Dagangan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun akan membagikan daging kurban dengan menggunakan dokar kuda.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, pembagian daging kurban juga menggunakan wadah dari anyaman bambu hasil kerajinan UMKM Desa Dagangan. Selain itu, penerima daging kurban juga akan mendapat masker.

Pembagian daging kurban dengan wadah dari anyaman bambu juga akan dilakukan Karta Dasa Mulyo Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun yang juga merupakan bagian dari Heppiii Community Madiun.

Namun bedanya, anggota Karta Dasa Mulyo akan menggunakan kostum Mataraman.

“Teman-teman karta memang punya inisiatif sendiri untuk tampil unik saat membagikan daging kurban. Salah satu alasan mereka tampil unik ini adalah untuk menghibur warga di tengah pandemi COVID-19,” kata Penanggung Jawab Heppiii Community Madiun Belladira, , Sabtu (17/7/2021).

Hanya saja, kata Ibel, sapaan karib Belladira, kegiatan ini akan diikuti perwakilan karta untuk mencegah kerumunan di tengah pandemi COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Disiplin protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik selama kegiatan berlangsung (*/roh))
 

Most Popular








Related Stories