ASEAN NCAP Beri Predikat Tingkat Keselamatan Tertinggi untuk Honda CR-V

Penilaian All New Honda CR-V (Honda)

BANGKOK - Lini terbaru mobil Honda yang baru saja dirilis pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu, All New CR-V, 21 Agustus 2023 lalu berhasil raih predikat tingkat keselamatan tertinggi dari New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP).

ASEAN NCAP merupakan inisiatif yang memfokuskan pada evaluasi standar keselamatan mobil-mobil baru di kawasan Asia Tenggara. Tujuan utama diadakannya program tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap faktor keselamatan dan mendorong perkembangan pasar kendaraan yang lebih aman di seluruh kawasan ASEAN. 

Melansir situs resmi Honda Indonesia, All New Honda CR-V telah berhasil memperoleh peringkat tertinggi dalam tingkat keselamatan dengan mendapatkan lima bintang dalam program ASEAN NCAP, dengan total skor 87.16 dari 100. 

Mobil SUV ini berhasil meraih skor 77.07 dari 100 (94.93/120 dalam total skor), melalui serangkaian uji tabrak yang mencakup pengujian dari bagian depan dan samping kendaraan, serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. Skor yang dicapai All New Honda CR-V adalah 31.45/32 dalam kategori Perlindungan Pemakai Kendaraan Dewasa (Adult Occupant Protection/AOP), 45.81/51 dalam Perlindungan Pemakai Kendaraan Anak-anak (Child Occupant Protection/COP), 19.50/21 dalam Teknologi Bantu Keselamatan (Safety Assist Technologies/SATs), dan 9/05/16 dalam Keselamatan Pengendara Sepeda Motor (Motorcyclist Safety/MS). 

Dengan capaian ini, Honda menambah lini produknya yang memperoleh penghargaan dari ASEAN NCAP. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2023 sudah ada sepuluh model mobil Honda yang telah diuji tingkat keselamatannya oleh ASEAN NCAP yaitu Honda City, Civic, CR-V, Jazz, HR-V, BR-V, WR-V, Brio, Brio Amaze dan Accord.

 All New Honda CR-V yang merupakan flagship SUV milik Honda ini mencatatkan penjualan sebanyak 385 unit atau sebesar 19% dari total penjualan Honda pada GIIAS 2023. Hal tersebut menunjukkan antusiasme yang begitu luar biasa pada produk Honda yang dirilis pada 10 Agustus 2023 lalu.

Editor: Redaksi

Related Stories