Ari Dwipayana: Bersatu Seberangi Krisis

Tangkapan layar Dialog Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Bangsa Pahlawan dan Tenaga Kesehatan. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id – Mengambil momentum HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pembina Gita Santih Nusantara, AAGN Ari Dwipayana, mengajak seluruh rakyat Indonesia bersatu menghadapi krisis.

“Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan kita semua akan tetap bisa menjaga kapal besar, Indonesia, tetap kuat dalam menyeberangi krisis,” katanya ketika menjadi pembicara kunci dalam Dialog Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Bangsa Pahlawan dan Tenaga Kesehatan yang digelar Gita Santih Nusantara secara daring, Sabtu, 14 Agustus 2021.

     Baca Juga:

Tokoh Bali yang kini juga dipercaya sebagai Koordinator Staf Khusus Presiden Jokowi ini meyakini bahwa semangat kebersamaan dan jiwa patriotisme akan semakin menguat ketika bangsa mengalami gelombang krisis seperti saat ini, termasuk dalam pandemi Covid-19.

“Sejarah selalu mencatat, bahwa ketika bangsa ini menghadapi ujian dan tantangan, semua anak-anak bangsa Indonesia akan selalu terpanggil dan berkorban untuk tanah air,” katanya. 

       Baca Juga:

Menurutnya di tengah berbagai kesulitan akibat pandemi, di seluruh pelosok negeri warga bangsa saling menjaga antar-anggota keluarga, antartetangga, dan antarkampung. Ini menegaskan keterbatasan tidak menghalangi anak bangsa untuk saling memberi, berbagi, dan menggalang solidaritas. 

Pada kesempatan itu, tokoh Puri Kauhan Ubud juga mengajak seluruh peserta dialog kebangsaan menundukkan kepala sejenak, mengheningkan cipta, untuk mengenang jasa para patriot, pahlawan kemanusiaan yang gugur demi menyelamatkan penderita Covid-19.

“Saya mengajak seluruh umat untuk mengoptimalkan ikhtiar sekala-niskala, lahir-batin, menyingkirkan ego pribadi, ego kelompok atau golongan. Semua warga bangsa mari berkorban bersama-sama, menahan diri, dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Sekjen Kagama ini dalam kegiatan yang digelar untuk memperingati HUT pertama Gita Santih Nusantara itu. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories