Adira Finance Sabet Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

(null)

JAKARTA -  PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance berhasil meraih penghargaan kategori multifinance dengan predikat action pada ajang penghargaan TrenAsia ESG Award 2023.

Adira Finance menyadari, bahwa setiap kegiatan bisnis selalu dituntut untuk terus bergerak secara dinamis menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Sebagai pelaku industri pembiayaan yang memiliki rekam jejak selama lebih dari 30 tahun, Adira Finance senantiasa berupaya untuk beradaptasi dan menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan zaman dari waktu ke waktu. Bagi perseroan, hal tersebut merupakan kunci untuk terus melanjutkan kontribusi nyata di dunia industri pembiayaan.

Melansir laporan keberlanjutan perusahaan 2022, Adira Finance telah berkontribusi nyata terhadap ESG dengan memberikan pembiayaan untuk sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp7,7 triliun. Lalu untuk mendukung pengurangan emisi karbon, perseroan juga melakukan pembiayaan kendaraan bertenaga senilai Rp28,4 miliar.

Selain itu, Adira Finance juga mengadakan rakyat yang ditujukan untuk mengkampanyekan produk UMKM. Acara ini dilaksanakan di 5 desa wisata di wilayah Jawa dan Bali dan diikuti oleh 71 UMKM. Adapun Dana yang sudah disalurkan untuk Festival Pasar Rakyat adalah Rp1 miliar.

Masih dengan konsep serupa, pada Agustus - November 2023 lalu, Adira Finance juga mengadakan Festival Kreatif Lokal di 5 Desa wisata Jawa dan Bali dengan dana disalurkan mencapai Rp2,5 miliar.

Program yang berlangsung kurang lebih satu bulan itu terbagi menjadi beberapa tema antara lain Desa Wista Kreatif, Jelajah Desa Wisata Kreatif, Festival Pasar Rakyat dan Workshop Literasi Keuangan.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya. Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.

Editor: Redaksi

Related Stories