7 Ciri-ciri Akun Palsu di Instagram yang Harus Anda Waspadai!

7 Ciri-ciri Akun Palsu di Instagram yang Harus Anda Waspadai! (Pexels.com/Brian Ramirez)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, saat Anda membuka aplikasi Instagram, mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai foto yang indah dan estetik yang sering membuat Anda jadi iri. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada sisi gelap tersembunyi dari Instagram.

Saat Anda melihat akun yang mengunggah foto-foto rumah yang cantik, keluarga yang bahagia, atau produk yang keren, para penipu mengintai di balik layar, mencari korban berikutnya. Mereka mungkin mencoba meretas akun Instagram Anda, tetapi ada juga berbagai penipuan Instagram lainnya yang harus diwaspadai. 

Salah satu modus penipuan yang sering terjadi adalah ketika penipu menggunakan akun palsu yang nanti dapat menjebak korban. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda akun palsu di Instagram agar tidak mudah tertipu.

Ciri-ciri Akun Palsu di Instagram 

1. Nama Pengguna atau Username Tidak Sesuai 

Pastikan Anda selalu memeriksa username dari akun yang mencoba menghubungi Anda. Biasanya, nama pengguna akan berupa nama orang tersebut atau nama profil yang mereka gunakan di berbagai platform. Cek apa yang orang tersebut gunakan di platform lain untuk memastikan nama pengguna tersebut masuk akal. 

Misalnya, Ryan Reynolds menggunakan VancityReynolds di semua akun media sosialnya. Jadi, jika Anda menemukan akun dengan foto Ryan Reynolds tapi menggunakan nama "james1234", itu jelas merupakan tanda bahwa akun tersebut palsu.

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa pengguna Instagram mulai membuat akun cadangan dengan kata "backup" di akhir nama pengguna mereka. Mereka melakukannya jika akun utama mereka diblokir atau dihapus secara tidak sengaja. Jika Anda melihat akun semacam ini, itu tidak selalu berarti akun tersebut palsu, hanya saja itu bukan akun utama.

2. Foto yang Mencurigakan

Seperti yang dilansir dari Reader's Digest, foto bisa jadi petunjuk besar bagi Anda untuk  mengenali penipu. Untuk memulainya, lihat apakah orang di foto profil juga muncul di foto-foto lain di akun tersebut. Jika tidak, itu bisa menjadi tanda akun Instagram palsu. 

Anda mungkin berpikir penipu akan lebih pintar dari ini, tetapi sering kali mereka tidak. Mereka sering membuat akun ini dengan cepat, menipu seseorang, lalu menghapus seluruh akun sehingga tidak ada bukti bahwa akun tersebut pernah ada.

Selain itu, waspadalah terhadap akun yang menggunakan foto stok. Pelajari cara melakukan pencarian gambar secara reverse di iPhone atau ponsel Anda untuk melihat apakah foto tersebut berasal dari situs foto stok.

Anda juga bisa memeriksa apakah ada foto di akun tersebut yang diberi tag. Kebanyakan orang akan menandai teman atau keluarga dalam foto grup jika akunnya asli. Jika tidak ada tag, itu bisa menjadi tanda bahaya.

3. Jumlah Pengikut Terlalu Sedikit atau Justru Terlalu Banyak

Meskipun banyak dari kita yang tidak memiliki banyak pengikut di Instagram, kebanyakan dari kita memiliki beberapa pengikut. Akun dengan sedikit pengikut adalah tanda bahaya. 

Selain itu, ada red flag yang lebih besar lagi adalah jika akun tersebut baru dan sudah mengikuti ribuan orang. Beberapa penipu yang lebih pintar membeli pengikut palsu atau fake followers untuk meningkatkan jumlah pengikut mereka agar terlihat lebih legit. Jadi, meskipun jumlahnya terlihat baik, Anda tetap harus waspada.

4. Bio di Profil Instagram Terasa Aneh

Jika bio akun terasa seperti spam, kemungkinan besar itu adalah akun palsu (dan ini juga berlaku di Facebook). Beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk instruksi untuk menyukai akun lain, hanya menggunakan emoji di bio, atau bahkan tidak memiliki bio sama sekali. Bio di profil Instagram yang sangat umum adalah tanda besar dari akun Instagram palsu.

5. Akun Selebriti Tiba-tiba Mengirim Anda DM

Penipu sering menggunakan akun selebriti palsu untuk menipu orang. Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa akun Instagram selebriti yang menghubungi Anda melalui DM kemungkinan besar adalah penipu, terutama jika mereka mengatakan dompet mereka hilang dan membutuhkan uang pinjaman. 

Meski terlihat sangat nyata, selebriti hampir tidak pernah menghubungi orang melalui pesan langsung di Instagram. Bahkan jika mereka melakukannya, mereka pasti tidak akan meminta uang. Jadi kemungkinan besar Anda sedang ditargetkan untuk penipuan di Instagram.

6. Penipu Berpura-pura Menjadi Teman

Terkadang, penipu menggunakan taktik sebaliknya dan berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mengidentifikasi akun Instagram palsu adalah memverifikasi sumber informasi dan identitas orang tersebut.

Tanyakan pada diri Anda, apakah anggota keluarga dekat atau teman baru-baru ini bergabung dengan platform atau membuat akun baru di Instagram? Atau ini hanya penipu? Jika Anda ragu, hubungi mereka melalui channel atau platform lain untuk memastikan.

7. Pesan yang Dikirim Bersifat Mendesak

Hal lain yang perlu diwaspadai dalam akun palsu atau pesan langsung yang berpotensi menipu adalah rasa urgensi. Banyak penipu memanfaatkan berita terbaru, seperti bencana alam, dengan berpura-pura menjadi situs donasi. Mereka mungkin juga mengaku sebagai situs belanja yang membutuhkan info pribadi dan uang untuk pengiriman.

Mereka bahkan mungkin berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal dan mengklaim bahwa mereka berada di penjara dan membutuhkan uang jaminan, atau terjebak di jalan dan membutuhkan uang bensin. Jangan langsung bertindak tanpa mengecek kebenarannya.

Itu tadi beberapa pertanda atau ciri-ciri akun Instagram palsu mencoba menipu Anda. Hati-hati!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories