5 Tips dan Trik Memaksimalkan Battery Health iPhone Anda

Tips dan Trik Memaksimalkan Battery Health iPhone Anda (iBox)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, penggunaan smartphone sudah terintegrasi secara mulus dalam kehidupan kita sehari-hari. Smartphone seperti iPhone bahkan seolah menggantikan kebutuhan akan komputer berukuran besar, memungkinkan transaksi, berkomunikasi, dan mendapatkan akses hiburan saat Anda bepergian.

Tidak mengherankan jika battery health pada iPhone turut menjadi hal yang diperhatikan. Pasalnya, ponsel bisa berfungsi secara optimal ketika memiliki battery health yang mumpuni.

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan masa pakai baterai iPhone? Simak penjelasan berikut ini seperti yang dilansir dari Gizchina.

Cara Memaksimalkan Battery Health iPhone

1. Prioritaskan Pembaruan iOS

Apple selalu menyertakan patch dan peningkatan pengoptimalan baterai dalam pembaruan iOS rutin mereka. Oleh karena itu Anda harus selalu memperbarui iPhone Anda dengan versi terbaru agar Anda memperoleh manfaat dari tindakan penghematan baterai terbaru.

2 Pertahankan Suhu Pengoperasian Optimal

Jika iPhone Anda berada di lingkungan dengan suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, maka hal itu dapat berdampak buruk pada battery health iPhone Anda. 

Oleh karena itu, hindari meninggalkan ponsel Anda di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, dan jangan menggunakannya di lingkungan yang terlalu dingin.

3. Gunakan Charger Apple Asli

Pengisi daya dan kabel pihak ketiga mungkin tidak mematuhi standar keselamatan dan kualitas yang ketat seperti aksesori yang disetujui oleh pihak Apple. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan kabel Apple Lightning asli yang dipasangkan dengan adaptor daya bersertifikat Apple untuk melindungi baterai iPhone Anda dari potensi kerusakan.

4. Memanfaatkan Low Battery Mode

Saat level baterai iPhone Anda turun di bawah 20%, low battery mode di iPhone Anda akan otomatis aktif. Hal itu akan mengurangi aktivitas latar belakang dan konsumsi daya untuk menghemat masa pakai baterai. Anda juga dapat secara proaktif mengaktifkan low battery mode secara manual untuk penggunaan baterai yang lebih lama.

5. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Penting

Fitur-fitur seperti layanan lokasi, Bluetooth, Wi-Fi memang membuat Anda jadi lebih mudah dan nyaman. Akan tetapi, fitur tersebut berkontribusi pada konsumsi baterai jika dinyalakan terus menerus. Oleh karena itu, pastikan Anda menonaktifkan fitur-fitur tersebut ketika tidak memerlukannya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan battery health iPhone Anda. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories