5 Strategi Menghadapi Inflasi dengan Gaya Hidup Frugal Living

5 Strategi Menghadapi Inflasi dengan Gaya Hidup Frugal Living (Freepik)

JAKARTA - Inflasi, yang merujuk pada kenaikan harga barang dan jasa secara berkesinambungan dalam periode tertentu, ternyata dapat memiliki dampak signifikan pada stabilitas keuangan seseorang. Dalam situasi inflasi, daya beli cenderung menurun dan tergerus dalam jangka waktu yang cukup lama, termasuk kenaikan harga bahan makanan dan bahan bakar.

Menghadapi realitas meningkatnya biaya hidup, penting bagi kita untuk mencari cara efektif dalam berhemat, salah satunya dengan mengadopsi gaya hidup frugal living, yang dapat menjadi kunci dalam melawan efek inflasi. 

Cara Menghadapi Inflasi dengan Gaya Hidup Frugal Living

Berikut adalah beberapa langkah praktis untuk menerapkan gaya hidup frugal living.

1. Perencanaan Makan

Upayakan untuk lebih sering menyiapkan makanan di rumah dan membawa bekal saat bekerja atau bersekolah. Anda bisa menerapkan ide ini dengan membuat rencana makan mingguan yang memudahkan Anda dalam menentukan menu setiap harinya. 

Rencana makan ini tidak hanya membantu menghemat pengeluaran, tetapi juga mengurangi kebiasaan membuang makanan yang tidak terkonsumsi.

2. Kurangi Pemborosan Makanan

Dengan membuat rencana makan yang teratur, Anda dapat mengurangi kebiasaan membuang makanan. Kenaikan harga bahan makanan menjadi alasan lebih untuk menghindari pemborosan ini. 

Dengan terus merencanakan makanan setiap minggu, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan mengurangi jumlah makanan yang terbuang.

3. Hemat Pengeluaran Internet

Sebagian besar orang kini menggunakan smartphone untuk aktivitas sehari-hari. Namun, hal itu tidak berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk paket internet bulanan. 

Manfaatkan paket prabayar, gunakan wi-fi di tempat kerja, dan batasi penggunaan untuk kegiatan yang tidak penting, seperti berselancar di media sosial.

4. Penghematan pada Tagihan Utilitas

Biaya perawatan perabot di rumah dapat memberatkan pengeluaran, tetapi Anda dapat menghematnya dengan merawat barang-barang tersebut dengan hati-hati. 

Selain mengurangi biaya perawatan, perabot juga akan lebih tahan lama, mengurangi kebutuhan untuk membeli barang baru secara teratur.

5. Kurangi Penggunaan Bahan Bakar

Dalam menerapkan gaya hidup hemat, pertimbangkan dengan cermat rute perjalanan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. Gabungkan perjalanan, seperti mengantar anak sekolah sambil menuju tempat kerja, dan batasi penggunaan kendaraan pribadi untuk keperluan yang mendesak saja.

Langkah-langkah di atas adalah upaya praktis dalam mengadopsi gaya hidup frugal living, sehingga Anda dapat melawan efek inflasi yang dapat meningkatkan biaya hidup secara signifikan.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories