5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar Top 50 Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar Top 50 Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas (lamongantourism.com)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu tepatnya 11 Agustus 2024, situs review makanan tradisional TasteAtlas merilis 50 besar sup terbaik di dunia. Di dalam daftar tersebut ternyata ada 5 makanan jenis sup khas Indonesia yang berhasil masuk dinobatkan sebagai sup terbaik.

Apa saja hidangan tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Makanan Indonesia yang Dinobatkan Sebagai Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Makanan Indonesia yang Dinobatkan Sebagai Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

1. Rawon

Rawon adalah hidangan khas Indonesia yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dari daging sapi yang dimasak secara perlahan dan bahan-bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, unsur utama dari rawon adalah buah kluwek, yaitu kacang hitam Indonesia.

Bumbu Indonesia yang unik ini sebetulnya sangat beracun jika dikonsumsi secara mentah dan harus difermentasi sebelum dikonsumsi. Buah kluwek ini harus digiling bersama bahan dan bumbu lainnya, sehingga memberikan rasa gurih dan asam, serta warna hitam pekat yang khas. Rawon menduduki peringkat 2 dari 50 sup terbaik di dunia versi TasteAtlas.

2. Soto Betawi

Soto Betawi adalah sup daging sapi yang lezat, yang berisi potongan daging dan jeroan yang dimasak perlahan dalam kaldu santan, yang biasanya diperkaya dengan berbagai bumbu seperti serai, kunyit, lengkuas, daun jeruk purut, dan ketumbar. Saat disajikan, soto betawi dilengkapi dengan berbagai kondimen seperti tomat, daun bawang, kecap manis, dan kerupuk emping.

Seperti namanya, dipercaya bahwa hidangan ini berasal dari Jakarta di kalangan orang Betawi, dan saat ini menjadi salah satu hidangan paling populer di kota tersebut. Biasanya soto betawi dijual di berbagai warung jalanan, restoran, atau tempat makan bergaya kaki lima. Rawon mendapat peringkat 3 dari 50 sup terbaik di dunia versi TasteAtlas.

3. Gulai

Gulai adalah hidangan pedas khas Indonesia yang mirip dengan semur atau sup kental. Karena penampilannya dan rasanya yang khas, gulai sering disebut sebagai "kari Indonesia." Daging apa pun bisa menjadi bahan utama dalam gulai, begitu juga dengan jeroan, makanan laut, atau sayuran.

Gulai dibuat dengan memasak bahan-bahan dalam campuran santan dan rempah-rempah hingga sausnya mengental. Gulai yang meraih peringkat 18 dari 50 sup terbaik di dunia versi TasteAtlas ini berasal dari Sumatra, dan kemungkinan besar dipengaruhi oleh kuliner India, tetapi kini dinikmati di seluruh Indonesia. Hidangan ini juga bisa Anda temukan di pusat jajanan dan restoran tradisional Indonesia.

4. Soto Lamongan

Seperti namanya, soto tradisional ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan pada umumnya dibuat dengan potongan ayam yang dimasak perlahan dalam kaldu, bersama dengan bumbu yang biasanya terdiri dari serai, ketumbar, biji jintan, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan jahe.

Ayamnya kemudian disuwir, dan hidangan ini biasanya disajikan dengan mi, kol, daun bawang, telur rebus, kerupuk udang, atau hiasan lainnya. Soto Lamongan bisa disajikan sebagai sup biasa, namun terkadang bahan utama dan kuahnya disajikan dalam dua mangkuk terpisah bersama dengan sambal pedas dan nasi. Soto Lamongan meraih peringkat 42 dari 50 sup terbaik di dunia versi TasteAtlas.

5. Empal Gentong

Empal gentong adalah sup tradisional Indonesia yang berasal dari Cirebon. Empal gentong biasanya dimasak dalam gentong tanah liat dengan bahan berupa kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut.

Ada banyak variasi dalam pembuatan empal gentong, sehingga bahan-bahannya bisa bervariasi. Sup ini dimasak perlahan dalam gentong tanah liat hingga daging menjadi empuk dan mudah hancur. Sebelum disajikan, sup ini biasanya dihiasi dengan daun kucai, yang memberikan rasa ringan seperti bawang putih dan sedikit aroma segar pada empal gentong. Empal gentong menduduki peringkat 46 dalam 50 sup terbaik di dunia versi TasteAtlas.

Itu tadi beberapa makanan tradisional Indonesia yang berhasil masuk daftar 50 sup terbaik di dunia versi TasteAtlas. Dari jenis makanan-makanan di atas, mana yang jadi favoritmu?

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories