5 Cara Mudah Meningkatkan Kekuatan Sinyal Ponsel Anda

5 Cara Mudah Meningkatkan Kekuatan Sinyal Ponsel Anda (Freepik.com/msgrowth)

JAKARTA - Anda tentu merasa frustasi ketika mendapati ponsel Anda tidak berfungsi, terutama jika Anda masih dalam jangkauan sinyal.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan sinyal ponsel Anda. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dilansir dari PC Mag.

Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Ponsel

1. Alihkan ke Mode Pesawat, Reboot, atau Perbarui Perangkat Lunak Ponsel

Ponsel mungkin akan terasa membingungkan. Ponsel Anda mungkin tidak terus-menerus mencari sinyal terbaik di daerah Anda, jadi Anda perlu mengambil tindakan sendiri.

Cara tercepat untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau Airplane. Tunggu sekitar 10 detik lalu matikan lagi. Hal tersebut akan membantu ponsel Anda memeriksa ulang jaringan apa yang tersedia.

Dalam beberapa kasus, mungkin Anda harus me-reboot ponsel Anda. Hal ini diperlukan apalagi saat Anda melintasi perbatasan internasional atau terkadang saat Anda memasuki atau meninggalkan operator roaming. Selain itu, terkadang, pembaruan perangkat lunak ponsel dapat membantu mengatasi masalah sinyal. 

2. Dapatkan SIM Baru

Jika Anda sudah lama menggunakan operator tertentu, kartu SIM Anda mungkin tidak memungkinkan untuk terhubung ke pita jaringan terbaru. Bisa jadi, hal tersebut karena kontaknya kotor atau mulai aus yang keduanya dapat menyebabkan kegagalan fungsi secara berkala. 

Anda juga dapat memulai dengan mengeluarkan SIM dan membersihkan logamnya. Gunakan tisu desinfektan atau kapas yang telah diberi sedikit alkohol. Anda juga dapat meminta layanan pelanggan operator Anda, sehingga Anda mendapatkan kartu SIM model terbaru. 

3. Ubah Jaringan Anda

4G dan 5G memiliki sifat sinyal yang berbeda dan terkadang berasal dari menara yang berbeda. Anda bisa beralih di antara berbagai mode jaringan yang tersedia jika operator Anda mengistimewakan sistem yang lebih baru daripada sistem yang berguna.

4. Gunakan Wi-Fi daripada Seluler

Apakah Anda menggunakan Wi-Fi semaksimal mungkin? Jaringan terbaik untuk telepon Anda mungkin adalah jaringan rumah Anda, termasuk untuk panggilan. Hampir semua ponsel saat ini mendukung panggilan Wi-Fi.

Oleh karena itu, cobalah untuk meningkatkan Wi-Fi rumah Anda dengan sistem mesh. Hal ini karena sistem tersebut mungkin lebih mudah untuk membantu Anda meningkatkan sinyal daripada mencoba menambah sinyal seluler di tempat Anda tinggal.

5. Bergerak

Sejumlah benda fisik dapat menghalangi ponsel Anda menerima sinyal, termasuk batu bata, beton, kaca, dan logam. Karena sebagian besar bangunan menggunakan bahan-bahan tersebut, mungkin Anda mengalami masalah koneksi di beberapa lokasi dalam ruangan, termasuk rumah Anda.

Jika iya, cobalah berjalan-jalan sebentar untuk melihat apakah sinyalnya lebih baik di lokasi lain. Meski mungkin terdengar konyol, jendela yang terbuka dapat menjadi pembeda antara sinyal kuat dan lemah.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan sinyal ponsel Anda. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories