5 Cara Meningkatkan Kekayaan Bersih di Tahun 2024

5 Cara Meningkatkan Kekayaan Bersih di Tahun 2024 (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA, Balinesia.id - Tidak menunggu lama, kita akan segera melangkah ke tahun yang baru yaitu tahun 2024. Ketika memasuki tahun yang baru biasanya banyak orang membuat berbagai resolusi, salah satunya meningkatkan kekayaan bersih.

Jika Anda memiliki resolusi serupa, ada baiknya Anda mulai mencari beberapa cara yang dapat memudahkan untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, simak cara meningkatkan kekayaan bersih berikut ini.

Cara Meningkatkan Kekayaan Mulai Tahun Depan

Berikut beberapa tips keuangan yang bisa Anda terapkan agar kekayaan meningkat mulai tahun depan.

1. Perbarui Anggaran

Anda harus memulai tahun dengan mengevaluasi anggaran bulanan dalam kelompok, yaitu pengeluaran penting dan tidak penting. Pengeluaran tidak penting bisa dicontohkan seperti keanggotaan gym yang tidak terpakai atau kebiasaan makan di luar.

Kemudian, buatlah keputusan berdasarkan informasi mengenai jumlah pendapatan tambahan yang Anda miliki untuk mewujudkan tujuan finansial tersebut. Setelah Anda memikirkan jumlah yang dapat Anda simpan untuk masa pensiun atau rekening tabungan, mulailah menyisihkan uang itu setiap bulan.

2. Tingkatkan Tabungan

Tabungan sangat penting untuk dimiliki, apalagi tabungan dana darurat. Dana tersebut dapat Anda gunakan ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. 

Jadi, ketika terjadi keadaan darurat, Anda hanya ‘meminjam’ uang dari dana darurat Anda sendiri, bukan dari bank. Itu artinya, meminimalisir diri Anda untuk terlilit utang sehingga dapat meningkatkan kekayaan bersih Anda.

3. Lunasi Utang

Melunasi utang adalah langkah awal yang penting untuk dilakukan demi mencapai tujuan keuangan Anda. Kekayaan bersih Anda mewakili jumlah tagihan dikurangi dengan aset.

Jadi, ketika utang Anda berkurang dan pendapatan serta aset Anda meningkat, kekayaan bersih Anda juga meningkat.

4. Investasi pada Diri Anda

Bukan hal yang salah jika Anda berinvestasi untuk masa depan Anda dengan menyisihkan uang untuk masa pensiun atau masa depan anak-anak Anda. Akan tetapi, berinvestasi pada diri sendiri sekarang juga dapat meningkatkan kekayaan bersih.

5. Tingkatkan Karier Anda

Anda bisa meningkatkan karier Anda dengan meminta kenaikan gaji, mengupayakan promosi, melamar pekerjaan baru, atau memulai bisnis sendiri. Cara lain untuk meningkatkan karier Anda yaitu dengan mengembangkan keterampilan baru yang akan berguna di luar posisi Anda saat ini.

Anda bisa mencoba mencari feedback dari atasan Anda untuk mengukur tujuan Anda dan memastikan bahwa Anda berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membangun jaringan profesional Anda dan menjadi sukarelawan untuk tugas-tugas tambahan yang mungkin dapat menunjukkan keahlian Anda kepada orang lain.

Itu tadi penjelasan mengenai cara meningkatkan kekayaan bersih Anda di tahun 2024 nanti. 

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories