5 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows Agar Bisa Digunakan dalam Waktu Lama

5 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows Agar Bisa Digunakan dalam Waktu Lama (Freepik.com/gpointstudio)

JAKARTA, Balinesia.id - Laptop seperti laptop Windows tentu bisa dioptimalkan kinerjanya ketika baterinya bisa berfungsi dengan normal. Namun, ternyata laptop terbaik pun bisa tetap kesulitan untuk menjaga baterainya agar bisa digunakan seharian penuh tanpa harus mengisi daya.

Seperti yang dilansir dari Business Insider, Microsoft telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan pengaturan manajemen daya pada laptop Windows. Saat ini, sebagian besar laptop diketahui telah memiliki setelan yang dirancang khusus untuk memperpanjang masa pakai baterai Anda.

Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai di laptop Windows Anda.

Cara Menghemat Baterai di Laptop Windows

1. Sesuaikan Mode Daya Laptop

Cara termudah dan tercepat untuk mengoptimalkan masa pakai baterai secara signifikan adalah dengan mengaktifkan Power Mode atau Mode Daya. Ikon ini biasanya muncul di taskbar yang tampak seperti baterai dan akan menunjukkan sisa masa pakai baterai.

2. Buat Laptop Anda Sleep Lebih Cepat

Windows dapat membantu memperpanjang maka pakai baterai dengan cara meredupkan layar dan mengalihkan laptop ke sleep mode atau mode tidur secara otomatis setelah tidak digunakan dalam waktu singkat.

Mungkin Anda tidak ingin laptop sleep terlalu cepat karena bisa mengganggu proses bekerja Anda. Namun, ternyata mode sleep yang lebih cepat ini akan membantu memperpanjang masa pakai baterai.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Hal yang paling menguras baterai laptop adalah membiarkan layar tetap menyala. Jadi, jika Anda ingin laptop tetap bekerja, Anda harus menurunkan kecerahan layarnya sebanyak mungkin.

4. Nonaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi

Jika Anda tidak memerlukan fitur wireless pada laptop, Anda dapat menghemat dayanya dengan menonaktifkan fitur tersebut. Meski begitu, cara ini bisa menjadi opsi terakhir, karena Anda mungkin tetap memerlukan Wi-Fi untuk tetap terhubung ke internet.

5. Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Background 

Seperti smartphone, laptop Windows kini mencoba untuk menjaga aplikasi tertentu tetap berjalan di background. Hal itu dilakukan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Akan tetapi, membiarkan banyak aplikasi berjalan di background ternyata dapat menghabiskan baterai laptop Windows lebih cepat. Oleh karena itu, cobalah untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Itu tadi cara menghemat baterai laptop Windows agar Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories