5 Cara Menghadapi Bencana Banjir dengan Bijak

Cara Menghadapi Bencana Banjir dengan Bijak (Pexels)

JAKARTA - Akhir-akhir ini banyak kabar yang menyatakan bahwa beberapa daerah di Indonesia mengalami banjir. Tidak dapat dipungkiri ketika bencana itu datang, tentu kita langsung panik.

Selain itu, karena pada umumnya kita tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya, maka kita kekurangan persiapan ketika hal tersebut terjadi.

Kita tentu tidak ingin bencana banjir hadir di kehidupan kita, tapi ada baiknya jika kita tetap bersiap siaga untuk menghadapi kemungkinan apapun termasuk yang terburuk.

Oleh karena itu, simak beberapa persiapan menghadapi musibah bencana banjir berikut ini, seperti yang dilansir dari laman resmi BPBD Pangkalpinang.

Persiapan Menghadapi Banjir

1. Letakkan Surat dan Barang Berharga di Lemari Bagian Atas

Pada umumnya, orang-orang menyimpan barang dan dokumen berharga di dalam laci atau lemari. Namun jangan lupa untuk tidak menyimpannya di bagian bawah karena dapat berisiko terendam air akibat banjir.

Anda juga bisa memasukkan surat berharga dalam suatu koper atau wadah kedap air agar memudahkan Anda menyelamatkannya jika suatu saat harus mengungsi.

2. Amankan Saluran Listrik dan Barang Elektronik

Barang elektronik harus dicabut dari stop kontak untuk menghindari terjadinya korsleting. Selain itu, usahakan stop kontak berada dalam posisi cukup tinggi dan tidak terjangkau air saat banjir datang.

3. Selamatkan Anggota Keluarga yang Sakit atau Lansia

Pada umumnya, warga yang sakit atau lansia membutuhkan penanganan yang ekstra hati-hati. Oleh karena itu, prioritaskan mereka untuk diselamatkan terlebih dahulu apalagi jika Anda harus mengungsi.

4. Selalu Tanggap Informasi Lingkungan Sekitar

Anda perlu untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi sekitar wilayah Anda. Biasanya aparatur lingkungan akan bekerja sama dengan warga dan lembaga sosial untuk tanggap terhadap bencana.

5. Bawa Barang penting

Bawalah barang-barang seperti alat komunikasi, senter, uang, obat, dan sebagainya. 

Selain itu hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan tetap berkomunikasi dan bekerja sama untuk dapat saling menyelamatkan dalam kondisi terburuk.

Itu tadi beberapa cara bijak menghadapi banjir yang harus Anda ketahui.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories