4 Tips Untuk Keuangan Lebih Sehat di 2024

Sobat Cuan Merapat, Ahli Sebut 4 Tips Untuk Keungan Lebih Sehat di 2024 (Pexels/ Karoline Gabrowska)

JAKARTA - Memasuki tahun baru, tentu Anda juga memiliki deretan resolusi baru. Di awal tahun, banyak dari kita yang membuat resolusi baru salah satu yang populer adalah mengatur dan meningkatkan keuangan agar lebih sehat dan sejahtera. 

Ahli keuangan pribadi sekaligus penulis dua buku keuangan Thrive! Your Month-to-Month Guide to Living Your Best Life Without Breaking the Bank dan Your 2013: Financial Planner, Jennifer Streaks menulis untuk Business Insider 4 tips yang akan ia terapkan pada 2024 untuk keuangan yang lebih sehat.

Tips Miliki Keuangan yang Sehat

1. Meningkatkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting utuk dimiliki. Dana darurat melindungi Anda saat keadaan darurat seperti kehilangan pekerjaan, penyakit jangka panjang, atau kecelakaan. 

Tak hanya itu, dana darurat juga mencegah Anda terjebak dalam utang kartu kredit dengan bunga tinggi atau pinjaman pribadi. 

Jennifer juga menyebut “dana darurat dapat mencegah Anda menggunakan kartu kredit atau atau mendapatkan pinjaman pribadi untuk mengganti mesin cuci piring atau menutup biaya hidup saat Anda mencari pekerjaan baru,”

2. Gunakan Sinking Fund

Sinking funds adalah uang yang dialokasikan untuk pembelian yang direncanakan, seperti perjalanan besar, perbaikan mobil, atau pembelian mobil baru. 

Sinking funds adalah bagian terpisah dari dana darurat dan tabungan lainnya.

Jennifer mengatakan “dengan menggunakan sinking funds, Anda tidak perlu mengurangi dana darurat dan dapat mengintegrasikan jumlah yang akan Anda simpan dalam dana tersedia ke dalam anggaran Anda. Perencanaan ini dapat membantu menghindari pengeluaran impulsif,”

3. Lunasi Utang

Melunasi utang seharusnya menjadi prioritas utama di tahun 2024. Karena menurut Jennifer, lebih mudah mencapai tujuan tabungan jika tidak ada utang yang menghantui.

Dan, melunasi utang berarti tidak perlu mengurangi tabungan untuk membayarnya. Utang dengan tingkat bunga tinggi seperti kartu kredit, pinjaman mobil, dan pinjaman pribadi dapat membebani keuangan. 

“Menghilangkan utang ini akan segera meningkatkan kondisi keuangan, memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak uang, dan meningkatkan tabungan Anda,” terang Jennifer.

4. Bangun Sumber Pendapatan Lain

Terkadang, berbelanja dengan bijak dan menjadi penabung yang konsisten saja tidak cukup. 

Jennifer berpendapat bahwa mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan membangun sumber pendapatan lain terlebih jika Anda selalu merasa membutuhkan sedikit lebih banyak uang atau selalu memiliki utang kartu kredit yang sulit dilunasi.

Selain fokus pada penghematan dan pengurangan pengeluaran, memulai bisnis atau usaha sampingan yang menghasilkan pendapatan dapat menjadi langkah penting untuk melunasi utang, meningkatkan tabungan, dan tetap menjalani hidup.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 13 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories