3 Nasihat Soal Keuangan yang Sering Diabaikan Oleh Banyak Orang

3 Nasihat Soal Keuangan yang Sering Diabaikan Oleh Banyak Orang (Freepik.com/jcomp)

JAKARTA - Seorang perencana keuangan selama hampir 20 tahun yaitu Don Grant menceritakan pembicaraan alotnya dengan orang-orang atau klien mengenai uang mereka. 

Seperti yang dilansir dari Business Insider, Grant menceritakan bahwa saat ia pertama kali bertemu dengan klien, ia sering memberi tahu hal-hal yang mungkin tidak ingin klien dengar, tapi tetap harus diberitahukan.

Berikut tiga nasihat keuangan teratas yang tidak ingin didengar kliennya.

Nasihat Soal Keuangan yang Sering Tidak Didengarkan oleh Banyak Orang

1. Tidak Cukup Menabung

Grant bekerja dengan klien dari berbagai umur, dan mereka yang mendekati usia pensiun merasa tidak senang saat mendengar bahwa mereka tidak dapat meninggalkan pekerjaan secepat yang mereka inginkan.

Bahkan, Grant sampai harus memaksa beberapa orang untuk kembali bekerja selama beberapa tahun. Jika tidak menyisihkan uang dalam jumlah yang cukup, maka klien tidak dapat menyisihkan uang dengan cukup yang akhirnya berpotensi kehabisan tabungan.

Perencana keuangan biasanya akan membantu Anda memeriksa pendapatan dan aset serta apa yang Anda perlukan setelah pensiun untuk menentukan berapa banyak yang harus Anda tabung dan investasikan.

Jika Anda memiliki anak, maka Anda juga perlu menabung untuk pendidikan mereka, tidak peduli seberapa cerdas anak menurut Anda, tapi Anda tidak perlu mengorbankan tabungan pensiun untuk pendidikan mereka. Tabungan pendidikan anak-anak harus terpisah dengan tabungan pensiun. 

2. Mengambil Lebih Banyak Risiko

Anda mungkin sempat tergoda untuk mencairkan investasi Anda saat pasar sedang lesu. Akan tetapi, jangan lakukan hal tersebut. 

Menurut Grant, pada dasarnya satu dari setiap empat tahun pasar saham akan melemah. Akan tetapi, rata-rata pemulihan dari kelemahan pasar saham adalah sekitar 400 hari. Oleh karena itu, Granti meminta klien untuk tetap pada jalurnya.

3. Anda Tidak Mampu Membeli Rumah Sebanyak Itu

Kepemilikan rumah memang bisa menjadi sumber kebanggaan. Akan tetapi, ketika Anda menghabiskan akhir pekan hanya untuk memperbaiki rumah, menghentikan kebocoran, memotong rumput, atau membeli atap baru, Anda menyadari bahwa hal itu juga dapat menghabiskan waktu dan uang Anda.

Menurut Grant, rumah adalah aset. Akan tetapi rumah tidak dapat menghasilkan pendapatan apapun bagi Anda dan hanya menguras tenaga. Oleh karena itu, pastikan hanya membeli rumah yang Anda mampu beli sekaligus kemampuan Anda untuk mengelola dan memeliharanya.

Itu tadi beberapa nasihat keuangan yang sering diabaikan oleh banyak orang. Dengan mengambil pelajaran dari poin-poin di atas, kita bisa melakukan pengelolaan uang dengan lebih baik lagi.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories