3 Cara Tepat Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda

3 Cara Tepat Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda (Freepik.com/our-team)

JAKARTA, Balinesia.id - Anda tentu menyadari bahwa kondisi keuangan menjadi berbeda sejak Anda menikah. Berbagai kebutuhan harus dibicarakan dan direncanakan sebaik mungkin agar kondisi keuangan tetap terjaga.

Sebelum Anda mulai mengatur keuangan, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa jenis biaya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Biaya tersebut dapat berupa biaya tempat tinggal, biaya kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak, dana darurat, asuransi baik asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, dan biaya entertainment atau biaya untuk bersenang-senang.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis pengeluaran yang Anda butuhkan, Anda bisa mengikuti beberapa tips mengatur keuangan berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda

Buat Daftar Pengeluaran dan Pemasukan

Saat Anda memperoleh pendapatan, baik itu gaji bulanan, bonus, atau THR, langsung catat di daftar pemasukan. Kemudian, susun pengeluaran rutin dan kebutuhan Anda.

Ketahui Adanya Potensi Kenaikan Biaya

Anda tentu memahami bahwa setiap tahun beberapa hal mengalami kenaikan biaya, seperti biaya untuk bahan bakar, kebutuhan pokok, biaya sewa atau hunian, dan sebagainya. Dengan mengetahui adanya potensi kenaikan biaya, Anda dapat memprediksi besarnya dana yang harus Anda persiapkan.

Dokumentasikan Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Dengan rutin dan disiplin mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa memantau apakah strategi keuangan Anda berjalan sesuai rencana atau tidak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan catatan tersebut sebagai acuan untuk membuat strategi keuangan di tahun berikutnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan apalagi bagi keluarga muda. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories