Jenis-jenis Kain yang Tidak Akan Membuat Bau Badan Anda Menyengat

Jumat, 13 September 2024 10:19 WIB

Penulis:Justina Nur Landhiani

Jenis-jenis Kain yang Tidak Akan Membuat Bau Badan Anda Menyengat
Jenis-jenis Kain yang Tidak Akan Membuat Bau Badan Anda Menyengat (Freepik.com/senivpetro)

JAKARTA - Persoalan bau badan tampaknya menjadi masalah sensitif dan sering membuat banyak orang jadi tidak merasa nyaman dan percaya diri. Bahkan, ada banyak produk yang turut dibuat oleh berbagai produsen untuk meminimalkan bau badan yang menyengat, salah satunya seperti antiperspirant atau deodorant.

Namun ternyata, pemilihan jenis kain yang salah dalam pembuatan pakaian juga dapat membuat bau badan jadi semakin parah. Oleh karena itu, Anda bisa meminimalisir munculnya bau badan dengan memilih jenis kain pakaian yang tepat, seperti berikut ini.

Jenis Kain yang Tidak Menimbulkan Bau Badan

Berikut beberapa kain yang aman untuk mencegah timbulnya bau badan yang menyengat, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kain Katun

Katun adalah salah satu kain paling populer untuk pakaian sehari-hari karena sifatnya yang bisa bernapas dan menyerap kelembapan. Kain ini memungkinkan udara bersirkulasi di sekitar tubuh, mencegah kelembapan terperangkap di kulit. 

Kain katun dapat mencegah bakteri penyebab bau berkembang karena dapat menjaga kulit tetap kering sehingga membantu mengurangi kemungkinan perkembangan bau.

2. Kain Linen

Linen adalah serat alami lain yang dikenal karena kemampuannya memudahkan kulit bernapas dan menyerap kelembapan. Seperti katun, linen memungkinkan udara mengalir bebas, membantu menjaga tubuh tetap sejuk dan kering. 

Selain itu, linen memiliki sifat antimikroba alami, yang berarti kain ini secara alami menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau, sehingga mengurangi risiko bau tubuh.

3. Kain Bambu

Kain bambu semakin populer karena kelembutannya, keberlanjutannya, dan kemampuannya untuk melawan bau. Serat bambu memiliki agen antimikroba alami yang disebut bamboo kun, yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri. 

Hal ini membuat pakaian dari bambu pilihan yang sangat baik untuk Anda yang ingin meminimalkan bau tubuh, terutama saat beraktivitas fisik.

4. Kain Wol Merino

Wol Merino adalah kain berkinerja tinggi yang dikenal karena kemampuan menyerap kelembapan dan ketahanan terhadap bau. Tidak seperti wol tradisional yang bisa kasar dan tidak nyaman, wol merino sangat lembut dan memudahkan kulit bernapas. 

Kain ini menyerap kelembapan dari kulit, menjaga Anda tetap kering dan bebas bau bahkan selama latihan intens atau petualangan di luar ruangan. Selain itu, wol merino secara alami mengusir bakteri penyebab bau, menjadikannya pilihan ideal untuk pakaian olahraga dan lapisan dasar.

5. Kain Tencel (Lyocell)

Tencel, juga dikenal sebagai lyocell, adalah kain yang berkelanjutan yang terbuat dari bubur kayu. Kain ini dikenal karena teksturnya yang halus, sifat breathable dan kemampuannya menyerap kelembapan. Serat Tencel memiliki permukaan yang halus yang mencegah bakteri menempel, mengurangi kemungkinan penumpukan bau. 

Selain itu, Tencel sangat menyerap, dengan cepat menarik kelembapan dari kulit untuk menjaga Anda tetap segar dan kering.

6. Kain Rami

Kain rami tahan lama, bisa bernapas, dan secara alami tahan bau. Seperti linen, rami memiliki sifat antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri. 

Kain ini juga sangat menyerap dan cepat kering, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk pakaian olahraga dan pakaian cuaca hangat.

Itu tadi beberapa rekomendasi jenis kain yang tidak akan membuat bau badan Anda menyengat.