Deretan Lokasi Paling Ikonik untuk Olimpiade Paris 2024

Rabu, 31 Juli 2024 09:59 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Redaksi

Deretan Lokasi Paling Ikonik untuk Olimpiade Paris 2024
Deretan Lokasi Paling Ikonik untuk Olimpiade Paris 2024 (olympics)

JAKARTA – Olimpiade Paris 2024 diketahui menampilkan pertandingan di beberapa lokasi paling ikonik di kota Paris. Seperti yang dilansir dari USA Today, upacara pembukaan akan berlangsung di sepanjang Sungai Seine, dengan para atlet berbaris menyeberanginya.

Banyak lokasi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan olimpiade Paris 2024. Untuk Anda yang penasaran di mana saja lokasi olimpiade Paris 2024, simak artikel berikut!

Lokasi Paling Ikonik untuk Olimpiade Paris 2024

Dilansir dari The Guardian dan olympics.com, berikut lokasi paling ikonik di Olimpiade Paris 2024:

1. Menara Eiffel dan Champ de Mars

Olimpiade Paris 2024. Eiffel Tower Stadium. (olympics)

Bagi warga Paris, Champ de Mars adalah tempat untuk bertemu dan berpesta, yang secara rutin menarik ribuan orang untuk berpartisipasi dalam acara-acara seperti pertunjukan kembang api tradisional pada tanggal 14 Juli atau pertandingan final Piala Dunia.

Setiap hari, orang-orang berkumpul di sana untuk berolahraga, menikmati pemandangan, atau sekadar berjalan-jalan di jalan setapak dan halaman rumput yang luas di tempat yang luar biasa ini, yang kini menjadi salah satu taman umum paling ikonik di Paris.

Para penggemar voli pantai akan menikmati pemandangan paling indah dari Olimpiade di stadion luar ruangan sementara berkapasitas 12.000 tempat duduk yang terletak di kaki Menara Eiffel, landmark paling terkenal di Paris.

2. Pont Alexandre III

Di jantung kota Paris terdapat sebuah jembatan yang terletak di antara kedua tepian Sungai Seine, Pont Alexandre III. Dikelilingi oleh banyak monumen yang tersebar di seluruh ibu kota, jembatan ini telah menjadi bagian dari berbagai peristiwa paling berkesan di kota ini sejak diresmikan untuk Pameran Dunia tahun 1900 dan merupakan sebuah karya seni dan monumen tersendiri.

Dengan patung-patung bersayap emas yang melambangkan industri, perdagangan, sains, dan seni, jembatan ini akan menjadi lokasi untuk perlombaan renang maraton, uji waktu individu dalam balap sepeda jalan raya, dan triathlon.

Jembatan Alexandre III dibangun untuk Pameran Paris pada tahun 1900, sebuah pameran internasional yang merayakan pencapaian abad sebelumnya dan mempromosikan perkembangan menuju abad berikutnya, untuk memungkinkan pengunjung menyeberangi Sungai Seine. Jembatan ini menghubungkan dua lokasi lainnya untuk Paris 2024, yaitu Grand Palais dan Invalides.

Jembatan ini lebarnya 45 meter, panjang 107 meter dan dibatasi oleh empat tiang mengesankan yang menopang patung perunggu emas yang akan memberikan latar belakang spektakuler untuk beberapa acara selama Olimpiade Paris 2024.

3. Place de la Concorde

Olimpiade Paris 2024. Place de la Concorde. (olympics)

Paris akan mengubah La Concorde menjadi arena terbuka untuk olahraga urban. Alun-alun terbesar di kota ini menghubungkan Champs-Elysées dengan Jardins des Tuileries dan Louvre.

Tempat ini juga dikenal sebagai lokasi eksekusi Louis XVI dan Marie Antoinette, monarki terakhir negara tersebut, pada tahun 1793. Untuk Paris 2024, La Concorde akan menjadi tuan rumah cabang olahraga terbaru dalam program Olimpiade, yaitu breaking, skateboarding, bola basket 3x3, dan BMX freestyle.

4. Grand Palais

Grand Palais merupakan situs megah di jantung kota Paris. Berkat teknik konstruksi paling canggih saat itu, Grand Palais, yang dibangun untuk Pameran Universal Paris pada tahun 1900, terkenal di seluruh dunia karena bagian tengah dan atap kacanya yang megah.

Lebih dari 6.000 ton baja dibutuhkan untuk membangun bagian tengah tersebut. Grand Palais, yang sebelumnya tidak pernah dipugar sepenuhnya, saat ini sedang dalam proses pengerjaan dan akan dibuka kembali pada tanggal 15 April untuk menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade di bagian tengah tersebut.

Pertandingan anggar dan taekwondo akan berlangsung di bawah atap ini. Grand Palais telah ditutup sejak tahun 2021 untuk restorasi menyeluruh dan akan dibuka kembali untuk umum pada tahun 2025.

5. Les Invalides

Olimpiade Paris 2024. Les Invalides. (olympics)

Esplanade des Invalides adalah taman dari salah satu monumen terindah di Paris. Esplanade adalah ruang hijau yang luas di distrik ke-7 Paris, yang terletak di seberang Hôtel des Invalides yang megah. Di jantung kota Paris, tempat ini telah menjadi salah satu tujuan rekreasi pilihan di mana warga Paris dan wisatawan dapat menikmati olahraga, musik, dan jalan-jalan.

Pada tahun 2024, sejarah, budaya, dan olahraga tingkat tinggi akan bersatu dalam suasana yang luar biasa ini, di mana para pemanah akan menargetkan medali Olimpiade dan Paralimpiade. Para pemanah Olimpiade akan berlatih di sini, bersaing di bawah bayang-bayang tempat peristirahatan terakhir Napoleon. Pertandingan archery, athletics, cycling road akan berlangsung di tempat ini.

6. Palace of Versailles

Dulunya merupakan benteng kekuasaan kerajaan Prancis, istana ini adalah salah satu destinasi wisata paling dihormati di Paris. Di antara ruang-ruang megah Versailles, Louis XVI dan Marie Antoinette menyelenggarakan pesta-pesta besar sebelum kejatuhan mereka selama Revolusi Prancis.

Didirikan sebagai museum nasional pada tahun 1837 dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1979, Versailles tetap menjadi simbol kemewahan dengan kolam cermin dan cekungan-cekungan yang dihiasi oleh air mancur Neptune, Apollo, dan Latona di taman-taman yang terawat.

Arena luar ruangan sementara akan menjadi tempat berlangsungnya acara dressage, eventing, show jumping, dan modern pentathlon.

7. Stade de France

Olimpiade Paris 2024. Stade de France. (olympics)

Stadion nasional Prancis ini memiliki tempat istimewa dalam sejarah olahraga Prancis. Diresmikan pada tahun 1998, gol pertama di stadion ini dicetak oleh Zinedine Zidane, yang kemudian memimpin Prancis meraih kemenangan Piala Dunia pertama mereka dengan mencetak dua gol melawan Brasil di final pada tahun yang sama.

Dengan kapasitas 80.000 tempat duduk, stadion ini telah menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga, termasuk Kejuaraan Atletik Dunia 2003, pertandingan selama Kejuaraan Eropa 2016, dan final Liga Champions pada tahun 2000, 2006, dan 2022.

Stadion ini juga menjadi lokasi pertandingan selama Piala Dunia Rugbi 2023. Pada musim panas ini, Stade de France akan menjadi tempat untuk kompetisi rugby 7s dan atletik dengan trek baru berwarna ungu dan akan terus menjadi pusat budaya olahraga Prancis. 

8. Paris Aquatic Centre

Pusat Akuatik adalah satu-satunya fasilitas olahraga permanen yang dibangun untuk Olimpiade Paris 2024. Pada tahun 2024, pusat ini akan menyambut atlet-atlet terbaik dunia untuk cabang renang artistik, polo air, dan menyelam.

Selain Olimpiade, Pusat Akuatik dirancang untuk memenuhi kebutuhan Seine-Saint-Denis (wilayah tuan rumah), dan komunitas renang Prancis, yang kini akan memiliki fasilitas yang dapat menjadi tuan rumah kompetisi nasional dan internasional terbesar.

Dengan jembatan penyeberangan di atas jalan tol yang menghubungkannya dengan Stade de France, pusat akuatik ini akan diubah dari tempat berkapasitas 5.000 tempat duduk selama Olimpiade menjadi fasilitas berkapasitas 2.500 tempat duduk untuk acara komunitas di Saint-Denis, sebuah distrik yang ingin mengembangkan budaya olahraga lokalnya jauh setelah acara utama musim panas berakhir.

9. Stade Roland Garros

Olimpiade Paris 2024. Stade Roland Garros. (olympics)

Roland Garros akan menyambut pertandingan tinju dan tenis. Terletak di tepi Bois de Boulogne, kompleks yang setiap tahun menjadi tuan rumah French Open ini akan menjadi venue grand slam kedua yang menggelar acara Olimpiade, setelah All England Club di London pada tahun 1908 dan 2012.

Sebagai area tenis global yang ikonik, stadion ini akan menjadi tempat utama untuk Olimpiade Paris 2024 yang akan mengukir lembaran baru dalam sejarahnya yang gemilang.

Menyelenggarakan tenis di Olimpiade dengan lapangan tanah liat adalah hal langka, terakhir kali terjadi pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Kompleks ini memiliki 18 lapangan, dan pembaruan terbaru termasuk atap yang dapat ditarik secara revolusioner di atas Court Philippe-Chatrier, serta Court Simonne-Mathieu yang berkapasitas 5.000 tempat duduk yang terintegrasi dengan taman Jardin des Serres d’Auteuil.

Philippe-Chatrier akan menjadi tempat berlangsungnya final tenis, pertandingan-pertandingan penting, dan final tinju pada minggu kedua.

10. Yves-du-Manoir Stadium

Menjadi tuan rumah Olimpiade sebanyak dua kali adalah kehormatan yang diberikan kepada sedikit tempat. Pertama kali dibuka pada tahun 1907 dan direnovasi untuk Olimpiade 1924, Stade Yves-du-Manoir berfungsi sebagai arena utama untuk atletik, balap sepeda, acara berkuda, senam, tenis, sepak bola, rugby, dan beberapa bagian dari pentathlon modern.

Tahun ini, stadion ini akan mengambil peran yang lebih sederhana, menjadi tuan rumah kompetisi hoki. Dengan demikian, stadion ini menjadi satu-satunya venue di Prancis yang menyelenggarakan acara untuk dua Olimpiade yang berbeda, memperkokoh tempatnya dalam warisan Olimpiade Paris.

Itu dia beberapa lokasi ikonik yang akan digunakan untuk olimpiade Paris 2024.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 27 Jul 2024